PENERAPAN METODE TOPSIS DALAM PEMILIHAN PROGRAM STUDI BAGI MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Zainal Ihsanul F, Sri Winiarti

Abstract


Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta didirikan untuk menyiapkan peserta didik menjadi sarjana muslim yang beriman dan bertaqwa, berakhlaq mulia yang mempunyai kemampuan akademik dan atau profesional dan beramal menuju terwujudnya masyarakat utama adil makmur yang diridloi Allah SWT. Faktor yang perlu banyak mendapat perhatian serius bagi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta adalah calon mahasiswa sering asal memilih program studi dan panitia PMB yang kewalahan dalam melayani calon mahasiswa. Pengolahan data terkomputerisasi merupakan salah satu upaya untuk mempermudah mendapatkan informasi yang dapat digunakan unutk mengambil sebuah keputusan dalam menangani masalah pemilihan program studi di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Adapun tujuan penelitian sistem pendukung keputusan ini adalah: Mengembangkan aplikasi sistem pendukung keputusan untuk membantu permasalahan penentuan program studi bagi calon mahasiswa baru yang ada di di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Subjek penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan pemilihan program studi bagi mahasiswa baru universitas ahmad dahlan Yogyakarta menggunakan metode TOPSIS yang disesuaikan dengan pertanyaaan yang didapatkan oleh Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Tahapan SPK meliputi : alur keputusan, membangun basis pengetahuan, tabel keputusan, pemodelan proses yang meliputi: diagram konteks dan data flow diagram (DFD), pemodelan data yang meliputi : konseptual basis data, entity relationship diagram (ERD), mapping table, struktur tabel, struktur menu, desain user interface, implementasi, dan pengujian. Pembangunan dimulai dengan merekayasa pengetahuan. Dalam pembuatan basis pengetahuan dapat diperoleh dengan cara yaitu melalui buku, internet, artikel-artikel ilmiah atau acuan lainnya. Teknik representasi pengetahuan yang digunakan dalam rekayasa pengetahuan sistem ini menggunakan kaidah produksi yaitu pengetahuan dipresentasikan dalam suatu bentuk fakta (facts). Pengetahuan dalam sistem produksi dipresentasikan oleh himpunan kaidah dalam bentuk IF kondisi THEN (aksi). Penelitian ini dibatasi untuk calon mahasiswa yang masih ragu dengan dalam memilih program studi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah calon mahasiswa baru dan panitia PMB.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, dihasilkan sebuah perangkat lunak sistem pendukung keputusan pemilihan program studi bagi calon mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta menggunakan TOPSIS. Dengan memanfaatkan metode TOPSIS kesimpulan yang dapat dihasilkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan penenutuan program studi terhadap calon mahasiswa. Aplikasi sistem pendukung keputusan ini dapat mempermudah calon mahasiswa dalam pengambilan keputusan yang tepat dan cepat, sehinggga dapat membantu dalam memberikan suatu rekomendasi program studi sesuai minat calon mahasiswa.

Kata Kunci: SPK, Metode TOPSIS, Prodi


References


Materi SPK 2014 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, diakses pada tanggal 6 Oktober 2014.

Website Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta http://uad.ac.id/tentang-uad/visi-misi-dan-tujuan, diakses pada tanggal 7 Oktober 2014..

Komalasari. 2005. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Tingkat SMA menggunakan AHP (Studi Kasus SMA N 2 Wates. Universitas Widyatama, Bandung.

Daihani, U.D. (2001), Komputasi Pengambilan Keputusan. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Kusumadewi, Sri. (2006), Fuzzy Multi-Attribute Decision Making. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10761

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zainal Ihsanul F, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.