SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENETUKAN PENYAKIT KRONIS BERDASARKAN UJI KLINIS DENGAN METODE CASE BASED REASONING

Anis Nurwanto, Sri Winiarti

Abstract


Penyakit dalam atau kronis adalah penyakit yang berjalannya penyakit berlangsung lama dan sering kambuh. Akan tetapi, tidak ada sistem pendukung keputusan klinis untuk mengefisienkan diagnosa penyakit kronis menggunakan metode case based reasoning dengan alu similarity, sehingga setiap konsultasi mengalami kesulitan karena terbatasnya dokter dan membuat diagnosa kurang efisien dalam penanganannya. Tujuan Terwujudnya sistem untuk mendukung keputusan agar mengefisienkan diagnosa menggunakan metode case based reasoning dengan alur similarity, sehingga setiap konsultasi mengalami kesulitan karena terbatasnya dokter dan membuat diagnosa kurang efisien dalam penanganannya. Tujuan Terwujudnya sistem untuk mendukung keputusan agar mengefisienkan diagnosa menggunakan metode case based reasoning dengan alur similarity.

Metode Subjek penelitian adalah data rekam medis penyakit kronis di RS PKU Muhamadiyah Bantul. Metode pengumpulan data dengan studi pustaka, wawancara dan observasi. Tahap pengembangan aplikasi meliputi desain basis pengetahuan, desain model, alur keputusan, pemodelan proses, pemodelan data, implementasi dan pengujian. Metode yang digunakan  case based reasoning dengan alur similarity dan pengujian menggunakan black box dan alpha test serta melakukan uji nilai T menggunakan paired t-test. 

Hasil dari penelitian adalah terbentuknya sistem pendukung keputusan klinis untuk mengefisienkan diagnosa menggunakan case based reasoning. Dari pengujian terdapat perbedaan signifikan dalam tingkat mengefisienkan diagnosa penyakit kronis setelah dibangunnya sistem pendukung keputusan klinis, hal ini mengacu dengan didapatkannya nilai p = 0.002<0.05 dari hasil pengujian paired t-test. Kesimpulan Sistem mampu mengefisienkan proses diagnosa dengan memperhitungkan kedekatan antara case base dengan target case. Penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan klinis yang dapat digunakan untuk melakukan diagnosa awal terhadap penyakit dalam atau kronis.

Kata Kunci : Case Based Reasoning, Penyakit Kornis, Sistem Pendukung Keputusan Klinis, similarity


References


Iqfadilah, “Definisi penyakit akut dan kronis serta perbedaan keduanyaâ€, November 2014, [Online]. Tersedia : http://www.idmedis.com /2014/11/definisi-penyakit-akut-dan- kronis-serta.html [diakses: 13 maret 2015].

Simon C. K. Shiu. 2010, Fundation of Case-Based Reasoning. Canada: Published by John Wiley & Sons, Inc, Hoboken, New Jersey.

Syukur. 2011, Sistem Pendukung Keputusan Kesehatan Untuk Penderita Penyakit Diabetes Melitus dan Komplikasinya Berbasis WAP (Wireless Application Protocol) Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Suranto. 2011, Sistem Pakar Untuk Identifikasi Penyakit Umum Berbasis WEB , Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Supranto, Johannes., 2005, Teknik Pengambilan Keputusan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daihani, U. D., 2001, Komputerisasi Pengambilan Keputusan, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sri Kusumadewi.,2010, Ami Fauziah, Arwan A.Khoiruddin, Fathul Wahid, M.Andri Setiwan, Nur Wijayaning Rahayu, Taufiq Hidayat, Yudi Prayudi. Informatika Kesehahatan. Graha Ilmu.

Kristanto, H., 1994, Konsep Dan Perancangan Data Base, Andi Offset, Yogyakarta.

Husni Iskandar Pohan., 2007, Pengantar Penrancangan Sistem, Jakarta: Erlangga.

R.S Pressman., 2001, Software Engineering, R.S. Pressman & Associates, Inc.

Paramita, 2011, Nursing, Memahami Berbagai Macam Penyakit, PT Indek Jakarta.

Kahfi. 2014,Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anis Nurwanto, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.