SISTEM PAKAR PENDETEKSI PENYAKIT PADA BURUNG BERBASIS WEB

Firman Babarli Samson, Nur Rochmah Dyah Puji Astuti

Abstract


Penghobi atau peternak burung mengembangkan media sosial untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan untuk jual beli. Terbentuknya grup burung diiringi dengan munculnya para penghobi dan peternak baru yang masih belum mempunyai wawasan yang luas dalam memelihara dan pencegahan penyakit pada burung. Di dalam grup burung online terdapat artikel yang memberikan informasi tentang burung tapi belum efisien dalam memberikan informasi. Informasi tentang burung yang terbatas dan pemeliharaan yang tidak tepat beresiko munculnya penyakit pada burung yang berakhir kematian. Tujuan penelitian yaitu membuat sistem pakar pendeteksi penyakit pada burung berbasis web, untuk membantu menemukan solusi dari masalah yang dimiliki peternak dan penghobi burung.

Sistem pakar pendeteksi penyakit pada burung berbasis web ini dikhususkan untuk pendeteksian penyakit pada burung kenari berdasarkan gejala yang diinputkan pemilik burung. Metode pengembangan sistem pakar ini adalah waterfall. Bagian metode waterfall adalah analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, pengujian sistem dan pengembangan sistem. Dari sistem pakar ini dapat memberikan informasi jenis penyakit, pencegahan, pengobatan sementara. Untuk menghitung nilai ketidakpastian menggunakan teorema bayes dengan membandingkan antara data ya dan tidak menjadi data yang pasti.

Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem pakar yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengetahui informasi tentang burung, cara pencegahan penyakit, jenis penyakit, dan pengobatan. Hasil dari pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem pakar ini layak dan dapat dipergunakan dengan hasil pengujian sistem menggunakan metode black box test dan alpha test yang ditujukan kepada masyarakat dan pakar hewan, menunjukan persentase sangat setuju dan setuju mencapai 98,33% dan kurang setuju 1,66%.

Kata kunci : Sistem Pakar, Deteksi Penyakit Burung, Teorema bayes.

References


Bin Ladjamudin, Al Bahra. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Cahyono, Duto, Sri. Ditemukenali 2 Juni 2014, dari http://omkicau.com/bird-top-product

Dewi, S. Raih Ambisi Dengan Berternak Kenari. Yogyakarta : Pustaka Paru Press.

Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelegence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusrini. (2006), Sistem Pakar Teori dan Aplikasinya, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Nugroho Adi. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP. Yogyakarta: Andi, 2010

Sasmito, Wiro, Ginanjar. 2010. Aplikasi Sistem Pakar Untuk Simulasi Diagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Bawang Merah dan Cabai Menggunakan Fordward Chaining Dan Pendekatan Berbasis Aturan, Fakultas Magister Sistem Informasi Univesitas Diponegoro : Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10758

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Firman Babarli Samson, Nur Rochmah Dyah Puji Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.