RANCANG BANGUN SISTEM PENGELOLAAN KEGIATAN SENI BUDAYA BERBASIS WEB DENGAN SISTEM PENGINGAT MELALUI EMAIL

Anita Fitriyani, Herman Yuliansyah

Abstract


Di Sekretariat Lembaga Seni Budaya dan Olahraga PP Muhammadiyah Yogyakarta proses publikasikegiatanmasihmenggunakanshort message service (sms), belum adanya aplikasi pengingat, sulitnya mengelola kegiatan dan melakukan transaksi pendaftaran maupun pembayaran kegiatan yang diadakan. Maka perlu dibangun sebuah aplikasi untuk mengatur, memantau, dan menampung kegiatan yang diadakan khususnya di Lembaga Seni Budaya dan Olahraga.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian yaitu melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Tahap pembuatan aplikasi meliputi pengumpulan data, analisis kebutuhan user dan kebutuhan sistem, perancangan sistem mulai dari desain aktivitas, desain data dan desain user Interface, tahap selanjutnya adalah implementasi menggunakan PHP Framework CI.

Penelitian ini menghasilkan Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Kegiatan Seni Budaya Berbasis Web Yang Dilengkapi Dengan Sistem Pengingat Melalui E-mail. E-mail (Electronic Mail) adalah pertukaran pesan digital dari seseorang dengan satu atau beberapa orang. E-mail dikirimkan melalui media Internet atau jaringan komputer lokal. Dipilihnya teknologi E-mail untuk rancang bangun sistem pengelolaan kegiatan seni budaya pada Lembaga Seni Budaya dan Olahraga ini karena teknologi E-mail sudah sangat akrab dengan sebagian orang dan penggunaannya sangat mudah. Rancang bangun sistem pengelolaan kegiatan seni budaya berbasis web yang dilengkapi dengan aplikasi pengingat melalui E-mail, memudahkan pengunjung untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan yang ada melalui E-mail.

Kata kunci: LSBO, web, pengingat, sistem, email.


References


Muhammadiyah, 2015. Tentang Muhammadiyah.

Nasbahry Couto, 2014. Indonesia.

Ardiansyah, 2011. Analisis dan Perancangan Sistem Manajemen Event Berbasis Mobile Push Notification Vol. 5 No. 3.

Marlina, 2012. Penerapan Agenda Pengingat Berbasis Web.

Ixnu Subextyo, 2013. Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan dan Pengingat Jadwal Pengembalian Buku Via Short Message Service (SMS) Studi Kasus SMK N Jenawi. UIN Sunan Kalijaga.

Galoh Randicha, 2014. Sistem Penjadwalan Sidang Tugas Akhir Berbasis Web dengan Pesan Pengingat Melalui Sms dan Aplikasi pada Perangkat Android di Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro Vol.3, No.1.

Fiftin Noviyanto, 2014. Pengembangan aplikasi inventarisasi seni budaya indonesia sebagai media informasi dan upaya pelestarian.

Yeyen Meithia Putri Jalni, Herman Yuliansyah. 2015. Rancangan Aplikasi Web Monitoring Estimasi Kedatangan Bus Trans-Jogja Berdasarkan Lokasi Bus Dengan Gps Smarthone. Simposium Nasional Teknologi Terapan (SNTT) 2015, Forum Grup Diskusi Teknologi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Indonesia.

Tedy Setiadi, Herman Yuliansyah. 2015. Kampung Wisata Online Berbasis SIG sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Warga dalam Mengelola dan Mempromosikan Pariwisata Kota Yogyakarta. Jurnal JARLIT. 11(1). 85-91.

Dwi Priyanti, 2013. Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. 2(4).

Dani Ainur Rivai, 2014. Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda Ngadirojo. 3(2).

Munir, 2015. Multimedia (Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan). Alfabeta, Bandung.

Novi Safriadi, 2012. Academic Resources Management Information System (ARMIS) dengan Arsitektur Model View Control (MVC). 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anita Fitriyani, Herman Yuliansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.