PENGEMBANGAN APLIKASI E-OFFICE PADA ROUTING DISPOSISI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR STUDI KASUS: PROGRAM PASCASARJANA UAD

Ahmad Nursohe, Fiftin Noviyanto

Abstract


Administrasi di perkantoran terdapat banyak kebutuhan antara lain, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta membutuhkan proses dokumentasi dalam pengarsipan surat, proses pembuatan surat, proses penomoran surat, proses pengiriman surat, dan proses routing disposisi surat. Saat ini segala urusan administrasi di Kantor Program Pascasarjana pengerjaannya masih dilakukan secara manual sehingga memiliki beberapa kendala dalam hal urusan administrasi surat menyurat. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dikembangkan sebuah sistem aplikasi yang berbasis web sebagai media otomatisasi dan informasi yang dapat membantu kegiatan proses administrasi perkantoran.

Tahapan penelitian dengan metode pengumpulan data berupa Studi Pustaka, Wawancara, dan Observasi. Langkah pengembangan penelitian ini meliputi analisis kebutuhan sistem, perancangan, implementasi sistem dan pengujian sistem. Pada perancangan sistem dimulai dari perancangan proses, perancangan database, dan perancangan user interface. Pada tahap implementasi dengan mengembangkan sistem aplikasi e-Office dan implementasi sistem memanfaatkan teknologi PHP Framework dan My Sql. Tahap terakhir adalah pengujian sistem yang dilakukan dengan pengujian Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil penelitian ini berupa Aplikasi Sistem e-Office pada Routing Disposisi Surat Masuk dan Surat Keluar berbasis web yang dapat memberikan kemudahan dalam mengelola administrasi perkantoran seperti proses surat menyurat, routing disposisi surat dan pengarsipan surat  di Kantor Program Pascasarjana UAD.

 Kata Kunci: e-Office,  Otomatisasi Perkantoran, Routing Disposisi Surat,


References


Basuki, Awan Pribadi., 2010, Membangun Web Berbasis PHP dengan framework Codeigniter, Lokomedia, Yogyakarta.

Hartanto, R D., 2012, Workshop TeknologiInformasidanKomunikasi, KEMENAG RI, Bali.

Marwan., 2005, Pemodelan Visual Dengan UML, GrahaIlmu, Yogyakarta

Juni Priansa, Donni., dan Garnida, Agus., 2013, Manajemen Perkantoran Efektif, Efesien, dan Profesional, Alfabeta, Bandung.

Stanza, Dwindy., 2010, AnalisisdanPerancangan E-Office Berbasis Web pada Bagian HUMAS STIMIK AMIKOM Yogyakarta, Naskah Publikasi, Yogyakarta.

K. Tachjar, Nani., dan Sutarno., 2011, Sistem Informasi e-Office sebagai Pendukung Kegiatan Sistem Informasi Pendayagunaan Aparatur Negara, Digital Potpourri, Jakarta.

Rudyanto Arief, Muhammad., 2005, Sistem e-Office untuk Mendukung Komunikasi, Koordinasi dan Alokasi Sumber Daya, Naskah Publikasi, Yogyakarta.

http://e-office.sosekling.pu.go.id/ 14 Mei 2013, 11.00 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ahmad Nursohe, Fiftin Noviyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.