SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DIAGNOSA KERUSAKAN PRINTER INKJET DENGAN BACKWARD CHAINING

Nizar Anggit Pramana, Dewi Soyusiawaty

Abstract


Naira computer merupakan tempat jasa service elektronik khususnya bergerak pada bidang jasa service printer.Naira computer membantu konsumen dalam menangani permasalah konsumen didalam mendiagnosa kerusakan printer inkjet.Banyak jenis printer, misalnya printer inkjet, laserjet, thermal printer dan dot matrix. Permasalahan dalam proses penanganan di Naira computer terganggu dengan adanya seringnya bergantinya seorang teknisi. Seorang teknisi kurang berpengalaman dan tidak memasukkan basis pengetahuan yang mereka miliki ke dalam sistem juga merupakan permasalahan utama lamanya penanganan diagnosa kerusakan printer inkjet. Dengan adanya permasalahan di Naira Computer, penulis akan membuat “Sistem Pendukung Keputusan Diagnosa kerusakan printer inkjet dengan Backward Chainingâ€.

Pada penelitian ini yang menjadi subyek adalah Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Diagnosa kerusakan Printer Inkjet dengan Backward chaining.Sistem pendukung keputusan klinis (SPKK) merupakan suatu sistem elektronik maupun non-elektronik yang didesain untuk membantu klinisi secara langsung dalam mengambil keputusan klinik. SPKK ini digunakan untuk menangani masalah pendiagnosaan kerusakan printer inkjet dengan metode pelacakan ke belakang atau Backward chaining yang dibantu dengan proses pendekatan penelusuran knowledge base. Tahap pengembagan aplikasi sistem diagonisis pada penelitian ini diawali dengan tahap perancangan, basis pengetahuan, tabel  keputusan, tabel  aturan, mesin inferensi,  pembuatan diagram alir data, desain interface, implementasi, dan pengujian sistem menggunakan black box test dan alpha test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan prosentase penilaian terhadap sistem aplikasi berdasarkan black box test 100% setuju dengan aplikasi Sistem Pendukung keputusan diagnosa kerusakan Printer Inkjetdengan backward chaining.Dari hasil penelitian pengujian sistem menggunakan alpha test menghasilkan prosentase penilaian terhadap sistem responden yang sangat setuju sebanyak 30 % dan setuju dengan progam sebanyak 70% . Berdasarkan hasil prosentase yang dihasilkan dapat disimpulkan bahwa aplikasi layak digunakan dan telah sesuai dengan basis pengetahuan untuk menghasilkan diagnosa kerusakan printer inkjet berdasarkan gejala kerusakan.

Kata Kunci :Backward Chaining , Kerusakan Printer, Knowledge base, SPKK

References


HM, Jogiyanto, 1999, Analisis dan Desain Sistem Informasi : “Pendekatan

Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnisâ€, Andi Offset, Yogyakarta.

Kusrini.2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Andi offset. Yogyakarta.

Frieyadie. 2010. Mudah Belajar Pemrogaman Database MySQL dengan Microsoft Visual Basic 6.0. Andi offset. Yogayakarta

Tata Sutabri. 2012. Analisis Sistem Informasi. Andi offset. Yogyakarta

Q-bonk Media Group, Ebook “Step-by Step memperbaiki printer inkjetâ€

Prosiding Nasional Ilmu Komputer Universitas Diponegoro. 2012. Sistem Pendukung Keputusan, Komputasi, dan Simulasi.

Setiawan Honggowibowo, Anton., 2009 “Sistem Pakar diagnosa Penyakit Tanaman Padi Berbasis Web Dengan forword Dan Backward Chainingâ€,Jurnal Telkomnika, vol.7 No.3

Susanti, Fitriana. 2011. “Sistem Pakar Menentukan Kesesuaian Lahan Pertanian Untuk Pembudidayaan Tanaman Buah-buahanâ€, Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Andi Cahya Permana. 2014. “Sistem Pendukung Keputusan Mendiagnosa Kerusakan pada Motor Maticâ€, Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Jawa Timur.

Wijayanti, Reni.2011â€Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Buah-buahan Pascapanenâ€, Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Basyaib, F. 2006. Teori Pembuatan Keputusan. Grasindo. Jakarta.

Arhami, Muhammad. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Penerbit Andi offset. Yogyakarta.

Giarratano J., G. Riley., 1994, Expert System Principles and Programming, Carlson, second edition, PWS Publishing Company, Boston.

Kusrini.2007. Strategi Perancangan dan Pengelolaan Basis Data.Andi Offset. Yogyakarta

Fathansyah, 2012, Basis Data, Informatika, Bandung. Hardi, Richki. 2015 “ Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Dengan Fuzzy AHP Dalam Penentuan Penerimaan Beasiswa “, Tugas Akhir Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi (STITEK), Bontang

Nur Kholis , Mohamad. 2012 “ Aplikasi Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Kerusakan Kamera Dengan Menggunakan Bahasa Pemrogaman Visual Basic 6.0†, Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Cahyono ,M.A.E. 2014 “ Solusi Pengobatan Produk K-Link dengan Sistem Pakarâ€, Tugas Akhir Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Winiarti, Sri. 2010. Diktat Kuliah Artifical Intellegence. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nizar Anggit Pramana, Dewi Soyusiawaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.