SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PRODUKSI KERAJINAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERBASIS WEB

Hery Dewantoro, Eko Aribowo

Abstract


Saat ini semakin banyak anggota masyarakat yang mencoba masuk ke dunia usaha, baik usaha mikro, kecil, maupun menengah. Melihat fenomena UMKM yang semakin melejit maka bukan tidak mungkin pemerintah akan kewalahan dalam me-manage UMKM yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain terbatasnya sumber daya manusia dalam membangun sebuah sistem pihak Dinas Perindustrian juga belum dapat mengelola proses pelaporan dengan baik, maupun dalam mengolah data UMKM. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuat suatu penelitian untuk mengembangkan suatu sistem informasi manajemen  yang mampu untuk menyelesaikan masalah.

Dalam Penelitian ini yang menjadi subyek adalah sistem informasi manajemen pelaporan umkm produksi kerajinan. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara dan observasi. Tahap pengembangan sistem meliputi perancangan interface, kamus data, diagram konteks, membuat data flow digram, implementasi dan pengujian sistem dilakukan dengan black box test dan alpha test.

Dari penelitian yang dihasilkan menghasilkan sebuah sistem informasi manajemen pelaporan umkm produksi kerajinan Daerah istimewa yogyakarta berbasis web yang dapat memberikan informasi tentang kerajinan yang berupa profil pemilik, alamat kerajinan, omzet serta penyerapan tenaga kerja. Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.

Kata kunci: Sistem Informasi Manajemen, UMKM, Kerajinan

References


Asrianda, (2008). Pemrograman Data Base Konsep dan Implementasi, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ladjmudin, Al-Bahra Bin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

McLeod, Raymond. (1995). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Muhyuzir T.D.(2001). Analisa perancangan Sistem pengolahan Data, cetakan kedua. Jakarta: PT. Elex Media Kompuntindo.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. (2002). Perencanaan dan Pembangunan SI. Yogyakarta: Andi Offset.

Whitten, Jeffery L, Lonnie D. Bentley dan Kevin C. Dittman. (2004). Metode Desain dan Analisis Sistem. Edisi ke-6.Yogyakarta:Andi.

Wijayanti, Tri Yani. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pelaporan IKM Sandang dan Kulit Berbasis Web. Skripsi.Yogyakarta: Program Studi Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i2.10743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hery Dewantoro, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.