PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PARIWISATA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA BERBASIS WEBSITE

Andana Paringga, Eko Aribowo

Abstract


Kemajuan teknologi di bidang komputer yang begitu pesat telah mendorong semakin berkembangnya sebuah informasi. Salah satunya informasi geografis dunia pariwisata. Perkembangan informasi pariwisata di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dari tahun ketahun semakin meningkat, tapi dalam hal mempromosikan potensi wisata yang dimiliki kepada masyarakat, pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta telah menempuh beberapa cara. Yakni dengan pembuatan website, pamflet, leaflet, dan video dokumentasi wisata yang disebarkan ke berbagai daerah di sebagian besar pulau Jawa. Meskipun telah memiliki website sebagai media informasi yang mampu diakses secara global, namun informasi-informasi yang ditampilkan dalam website tersebut masih bersifat umum, hanya berupa data-data tabular, dan belum mampu menggambarkan secara detail mengenai keadaan suatu obyek wisata, sehingga informasi yang didapatkan masyarakat masih terbatas. Selain itu frekuensi update yang jarang sangat mempengaruh nilai informasi yang disampaikan. Sedangkan untuk data spasial, dalam website ini masih berupa peta yang telah digitasi sehingga muncul kekhawatiran informasi spasial yang diberikan tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan, atau dengan kata lain peta yang digunakan telah kadaluarsa (out of date).

Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan pengumpulan data melalui studi literatur, wawancara, dan observasi, menganalisa kebutuhan perangkat lunak, melakukan digitasi peta dengan Google Map Service, membangun database dengan mySQL, merancang antar muka menggunakan PHP, melakukan pengujian program sebagai tahap akhir dalam pembuatan sistem informasi geografis objek wisata berbasis website.

Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi geografis pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbasis website yang didalamnya juga terdapat informasi jenis wisata, fasilitas pendukung dan jarak. Hasil pengujian sistem dengan alpha test dan black box test menunjukan bahwa program ini dinyatakan baik dan siap untuk diimplementasikan.

Kata kunci: Website, Sistem Informasi Geografis, Pariwisata, Provinsi, Daerah Istimewa Yogyakarta


References


http://jogjaprov.go.id/, 01 Maret 2011, Profil Daerah Istimewa Yogyakarta

04 Maret 2011, Yogya Maksimalkan Pariwisata, Suara Merdeka

Budiono, Aplikasi Sistem Informasi Geografis Obyek Pariwisata di Wilayah Yogyakarta.

http://teknologi.kompasiana.com/internet/2011/12/20/mapsgl-pada-google-mapsmenampilkan-peta-3-dimensi-3d-pada-browser-anda/, Selasa 2 Maret 2010, Google Maps

Yunanto, Harry, 2009, Dasar-dasar Pembuatan Website dengan CodeIgniter




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i1.10741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Andana Paringga, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.