PEMETAAN PENYAKIT MENULAR DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN PROVINSI D.I. YOGYAKARTA BERBASIS WEB SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Fandi Fandi, Ali Tarmuji

Abstract


Teknologi informasi pada sebuah lembaga menjadi sebuah kebutuhan yang terus dibangun. Pemerintah dan lembaga swasta terus melakukan pembaharuan dalam teknologi untuk mendukung setiap kebutuhan. Teknologi informasi berbasis internet yang dilengkapi dengan informasi geografi juga menjadi suatu teknologi yang dikembangkan pada instansi atau lembaga pemerintah. Untuk mendukung DINKES di wilayah D.I Yogyakarta yang cukup luas menjadi acuan untuk membuat sistem yang dapat membantu dalam memvisualisasikan daerah penyebaran penyakit di suatu. Untuk membantu Dinas Kesehatan memusatkan bantuan kesehatan untuk daerah terserang penyakit menular. Membantu Dinas Kesehatan baik pusat dan daerah dengan laporan yang terkontrol dan terpusat, sehingga kesalahan pendataan dapat diperkecil.

Subjek dalam penelitian ini adalah pemetaan penyakit menular di wilayah kerja Dinas Kesehatan Provinsi D.I Yogyakarta berbasis web sistem informasi geografis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengamatan/observasi dan metode wawancara/interview. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup identifikasi masalah, analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian dengan black box dan alpha test.

Dalam penelitian ini telah menghasilkan sebuah aplikasi dengan menggunakan teknologi GIS yang mampu mengintegrasikan aplikasi dan platform dari seluruh kota D.I Yogyakarta menggunakan PHP, MySQL dan GOOGLE Maps dengan bantuan toolkit Dreamweaver yang diimplementasikan pada pembuatan aplikasi sistem informasi geografis pemetaan penyakit berbasis web membantu memvisualisasikan titik lokasi penyakit menggunakan php, mysql dan google maps.

Kata kunci : DINKES, penyakit menular, pemetaan.


References


Dinas Kesehatan. 2012. Profil Kesehatan Provinsi D.I.Yogyakarta Tahun 2012. Dinas Kesehatan. Yogyakarta.

Filianingrum, Anggun.2012. Perancangan Web-Gis Penyebaran Wabah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria di Kota Bandar Lampug. Skripsi Universitas Lampung.

Hakim, Lukmanul.2008. Membongkar Trik Rahasia Para Master PHP. Lokomedia. Yogyakarta.

Kurniawan, Putu, K.A.2014. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Penyebaran Penyakit Berbasis Web. Skripsi Universitas Udayana Bali.

Sommerville, Ian. 2003. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Erlangga. Jakarta.

Surendro, Kridanto.2009. Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Informatika. Bandung.

Prahasta, Eddy.2009. Sistem Informasi Geografis : Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi dan Geomatika). Informatika. Bandung.

Pressman, Roger S.2002. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi. Andi. Yogyakarta.

Witarto. 2004. Memahami Sistem Informasi “Pendekatan Praktis Rekayasa Sistem Informasi melalui Kasus-kasus Sistem Informasi di Sekitar Kita”. Informatika. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i1.10740

Article Metrics

Abstract view : 261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal