RANCANG BANGUN METODE KRIPTOGRAFI HYBRID UNTUK PENGAMANAN DOKUMEN DIGITAL

Indra Pramana, Eko Aribowo

Abstract


Keamanan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, termasuk salah satunya yaitu keamanan dokumen. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, pengiriman dokumen digital melalui internet sangat memungkinkan seseorang dengan illegal  mengubah isi dokumen tanpa diketahui pengirim maupun penerima. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara agar sebuah dokumen dapat diamanakan. Kriptografi adalah ilmu penyandian data. Algoritma kriptografi yang dipilih adalah kriptografi hybrid. Kriptografi hybrid dipilih karena memanfaatkan keunggulan kecepatan pemrosesan data oleh algoritma simetri dan kemudahan transfer kunci menggunakan algoritma asimetri. Kriptografi hybrid adalah gabungan dari algoritma simetri dan asimetri. Algoritma simetri yang dipilih adalah 3DES, karena dapat mencegah meet-in-the-middle-attack dan memiliki panjang kunci 168 bit. Sedangkan algoritma asimetri yang dipilih adalah RSA, karena sulitnya memfaktorkan bilangan yang besar menjadi faktor – faktor prima.

Dari permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode kriptografi hybrid untuk mengamankan dokumen digital. Dokumen Digital yang digunakan adalah dokumen file teks yang berekstensi .txt. Aplikasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.

Hasil penilitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu mengamankan dokumen file teks yang berektensi .txt. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan mampu mengamankan dokumen file teks yang tersimpan di komputer dan dokumen file teks yang dikirim melalui internet

Kata Kunci: Kriptografi Hybrid, 3DES, RSA, Keamanan, Dokumen Digital.


References


Alyas, Rano. 2014. Hybrid Cryptosystem Untuk Pengamanan E-Dokumen Menggunakan Algoritma RC4, RSA, dan MD5. Naskah Publikasi. Teknik Informatika, STMIK AMIKOM Yogyakarta.

Hariyanto, Bambang. 2009. Sistem Operasi. Bandung : Informatika.

Haryanto, dkk. 2000. Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah ; Buku Ajar Untuk Mahasiswa. Jakarta : EGC.

Kristanto, Andri. 2003. Keamanan Data Pada Jaringan Komputer. Yogyakarta : Gava Media.

Munir, Rinaldi. 2006. Kriptografi. Bandung : Informatika.

Sya’roni, Muhammad. 2011. Implementasi Kriptografi Asimetris ElGamal Dalam Steganografi LSB Pada File BMP. Skripsi. Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Stiawan, Deris. 2005. Sistem Keamanan Komputer. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Triningsih, Suryani. 2011. Implementasi Algoritma Kriptografi Vigenere Cipher Dengan Modifikasi Kunci Memanfaatkan Aturan Fibonacci. Skripsi. Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v4i1.10737

Article Metrics

Abstract view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal