Kajian kinematika gerak pada jalur lokasi kecelakaan berisiko tinggi (blackspot) sebagai sumber belajar fisika di SMA

Widya Septyaning Virani, Supeno Supeno, B Supriadi

Abstract


Kajian fisika real life bermanfaat dalam pembelajaran fisika karena menyediakan sumber belajar kontekstual yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Untuk memperkaya sumber-sumber belajar kontekstual maka perlu dilakukan kajian terhadap berbagai fenomena kontekstual, salah satunya adalah kajian kinematika peristiwa kecelakaan yang terjadi di daerah blackspot. Peristiwa kecelakaan merupakan peristiwa kontekstual yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dan dapat dikaji secara kinematika gerak. Untuk itu perlu dilakukan kajian kinematika gerak tentang peristiwa kecelakaan sehingga dapat digunakan untuk memperkaya rancangan sumber belajar kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Penelitian diawali dengan pengumpulan data sekunder tentang kronologi kejadian kecelakaan yang ada di kepolisian dan beberapa surat kabar. Penelitian dilanjutkan dengan pengumpulan data di lapangan, yaitu data bentuk lintasan, jenis kendaraan yang lewat, dan kecepatan kendaraan yang melewati daerah blackspot. Data-data tersebut kemudian dianalisis menurut kajian kinematika gerak. Hasil kajian peristiwa kontekstual berupa kronologi kecelakaan dan besaran-besaran dinamis serta simulasi agar kecelakaan dapat dihindari. Hasil kajian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan utama untuk mengembangkan sumber belajar kontekstual dan memberikan contoh nyata dalam pembelajaran fisika karena siswa dapat dengan mudah menaksirkan kejadian kontekstual tersebut.

 

Contextual physics studies are useful in physics learning. It provides a source of contextual learning that is close to everyday life. To enrich the sources of contextual learning, it is necessary to study the various contextual phenomena, one of which is the kinematics study of accidents that occurred in the police office and newspaper. An accident is contextual events that are close to everyday life and can be studied in kinematic motion. Therefore, it is necessary to study the kinematics of motion about accidents so that it can be used to enrich the concept of contextual learning resources. The research method used descriptive analytical. The research begins with the completion of secondary data about the chronology of accidents in the police and several newspapers. Further research with field data, i.e trajectory data, passing vehicle type, and vehicle speed passing through blackspot area. The data are then analyzed according to motion kinematics studies. Review results are the contextual event, the chronology of accidents, dynamic quantities, and simulations for accidents. The results of this study are expected to serve as the main reference material for the development of contextual learning resources and provide a real example in physics learning because it can estimate the contextual events.

Full Text:

PDF

References


Tebabal, A., dan G. Kahssay. 2011. The effect of student centered approach in improving students graphical interpretion skills and conceptual understanding of kinematical motion. Lat. Am. J. Phys. Educ. 5(2): 374-381.

Narjikaew, P. 2013. Alternative Conception of Primary School Teacher of Science about Force and Motion. Procedia-Social and Behavioral Science. 88. 11-14 Desember 2012. Elsevier Ltd: 250-257.

Yogantari, P. 2015. Identifikasi kesulitan siswa dalam pembelajaran fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pembelajarannya 2015. 29 Agustus 2015. PF-PP-7

Satriawan, M. & Rosmiati. 2016. Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 6(1): 1212-1217

Ornek, F., Robinson, W. R., dan Haugan, M. P. (2008). What makes physics difficult?. International Journal of Environmental & Science Education. Vol. 3 No. 1, pp. 30-34.

M.S. Majid, 2016. Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Teknika STTKD, 3 (2) : 92 - 106

Supeno, M. Nur dan E.Susanti. 2015. Developing A Tectbook Based On Argumentation Skills To Facilitate Students In Physics Instruction. Proceeding International Conference: Trending Issues Of School Education In Advanced Countries And Indonesia. ISSN: 2443-2768




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v5i1.9211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

-------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. e-ISSN: 2355-620X.

 

Jumlah Kunjungan