Pengembangan Laboratorium Virtual Rangkaian RLC Seri berbasis LabVIEW untuk Pembelajaran Fisika SMA

Kurnia Risca Maulinda, Ishafit Ishafit

Abstract


Rangkaian RLC seri merupakan salah satu topik penting pada materi pelajaran listrik arus bolak-balik. Dalam topik ini terdapat fenomena resonansi rangkaian RLC, yang secara  eksperimental memerlukan perangkat eksperimen cukup kompleks, sehingga tidak mudah untuk divisualisasikan fenomenanya dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini telah dikembangkan laboratorium virtual rangkaian RLC seri berbasis LabVIEW yang dapat digunakan untuk kegiatan eksperimen simulasi dalam mempelajari fenomena resonanasi rangkaian listrik. Menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan, laboratorium virtual rangkaian RLC seri telah diujicobakan dan divalidasi. Hasil validasi masuk dalam kategori sangkat baik, sehingga laboratorium virtual RLC seri layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika SMA.

Series RLC circuit is one of the important topics on the subject of the AC electric current. In this topic, there is a resonance phenomenon of RLC circuit, which experimentally requires a fairly complex experimental device, so it is not easy to visualize the phenomenon in the learning process. In this research has been developed a virtual laboratory series RLC circuit based on LabVIEW which can be used for simulation experiment in studying the phenomenon of resonance of electrical circuit. Using research and development procedures, the virtual laboratory series RLC circuit has been tested and validated. The validation results fall into very good categories, so the RLC virtual laboratory is feasible for use in high school physics learning.


Full Text:

PDF

References


Young, H., & Freedman, R. Fisika Universitas edisi kesepuluh jilid 1 Jakarta Erlangga, 2003.

_____. LabVIEW Course: LabVIEW Programing Basic One. Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta, 2010.

http://zone.ni.com/reference/en-XX/help/371361H-01/lvconcepts/blockdiagram/

Murjannah, W. S. dan Prihanto, A. Implementasi Rangkaian RLC Dengan Metode Runge Kutta Rode 4, . 2013.

Website http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-fisika-indonesia/article/view/1413 diunduh 11 Maret 2016.

Tim Kreatif Fisika. Fisika SMA/MA. Jakarta, Bumi Aksara, 2009

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung, Alfabeta, 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v4i2.8167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats