Rancang Bangun Prototype Media Pembelajaran Fisika Berbasis Micro Controller NodeMCU

Fayakun Muchlis, Moh. Toifur

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan prototype media pembelajaran fisika berbasis micro controller NodeMCU. Prototype media pembelajaran fisika tentang Hukum II Newton telah dikembangkan dengan mengkombinasikan sensor IR obstacle, NodeMCU, dan sketch program Arduino IDE sebagai counter waktu dan papan track, kubus berlubang, katrol, benang, dan kepingan logam sebagai perangkat pendukung. Hasil eksperimen telah memperlihatkan nilai percepatan benda pada bidang licin lebih besar daripada bidang kasar. Hasil analisis grafik hubungan percepatan vs resultan gaya eksternal menunjukkkan berbanding lurus dan grafik hubungan percepatan vs massa benda menunjukkan berbanding terbalik. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran fisika berbasis NodeMCU mampu memvisualisasikan, menjelaskan dan membuktikan Hukum II Newton.

 

This research is aimed to develop a prototype of physics instructional media based on micro controller. Physics learning media about Newton’s second law prototype has been developed by combining IR sensor obstacle, NodeMCU, and sketch program the Arduino IDE as counter time, and tracking, block, pulley, rope and metal strip as support device. The experimental results show that the value of acceleration of the object on a slippery plane is larger than the rough plane. The results of the analysis of the acceleration and the resultant graph shows that the external force is directly proportional and a graph showing the acceleration vs the object's mass is inversely proportional. Thus we can conclude that Physics learning media based on NodeMCU is valid in explaining and proving Newton's II.

Full Text:

PDF

References


Rohayati, A. 2008. Handout : Mata kuliah Media Pembelajaran. Bandung: UPI.

Borg R. Walter and Gall Mereith. 1983. Educational Research 4th edition. Newyork: Longman Inc.

Indihadi, D., Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Bahasan Kedua. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2016.

Meutia, E.D. 2015. “Internet of Things- Kemanan dan Privasi”. Seminar Nasional dan Expo Teknik Elektro ISSN : 2088-9984.

Padli, Irwan. 2016. “Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning Pada Sekolah Dasar. Jurnal Iqra’ Volume 10 No.1

Rochaeni, Siti. 2015. “Pengembangan Alat Peraga Fisika SMA Materi Hukum Newton dan Aplikasinya”. Seminar Nasional Fisika (E-Journal) Volume IV : UNJ

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Surisman. 1998. “Upaya Guru Meningkatkan Kreatifitas Siswa Melalui Alat Pearaga Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika di SD 2 Segalaminder Bandar Lampung”. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar: IKIP Yogyakarta.

Satriawan, Mirza. 2012. Fisika Dasar. Yogyakarta : UGM

Soedijarto. 2013. Profesionalisme Guru (Pendidik) Dalam Era Globalisasi, Implikasi, Peluang, dan Tantangannya. Diakses di www.ispi.or.id

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta : Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Anonim. 2016. Pengenalan NodeMCU ESP8266 Versi 12E. Diakses di dirakit.com




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v4i1.6464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

-------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. e-ISSN: 2355-620X.

 

Jumlah Kunjungan