Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan penguasaan konsep dasar listrik statis mahasiswa

Muhammad Minan Chusni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan penguasaan konsep dasar listrik statis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan tiga kelas sampel yaitu dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Desain penelitian adalah random pretest-posttest comparison group design. Teknik pengumpulan data menggunakan pretes dan postes untuk mengetahui penguasaan konsep dasar listrik statis. Uji hipotesis menggunakan uji t untuk membandingkan penguasaan konsep dasar listrik statis kelas eksperimen (kelas A dan kelas D) dan kelas kontrol (kelas B), kemudian uji lanjut dengan pembandingan rerata (compare means) dan rata-rata absolute gain. Dari hasil penelitian diperoleh nilai thitung kelas A (4,298) dan thitung kelas D (4,613) > ttabel (2,000), ditambah lagi dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual secara signfikan memberikan perbedaan terhadap  penguasaan konsep dasar listrik statis mahasiswa. Sedangkan dari uji compare means dan rata-rata gain ternormalisasi diperoleh kenaikan yang tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.

 

The purpose of this study was to determine the effect of the application of contextual learning approach to improve the mastery of basic concepts of static electricity students. This study use three grade sample of two experimental class and the control class. The study design was randomized pretest-posttest comparison group design. Data collection technique used pretest and posttest to determine mastery of basic concepts of static electricity. Hypothesis testing using t-test to compare the mastery of basic concepts of static electricity experiment class (class A and class D) and the control class (class B), then a further test by comparing the mean (compare means) and average absolute gain. The results were obtained tcount class A (4.298) and tcount class D (4.613)> ttable (2.000), coupled with the Sig. 0.000 <0.05 so that it can be concluded that the approach of contextual learning exhibited significantly distinction of static electricity mastery of basic concepts students. While the means test and compare the average normalized gain obtained a very high increase in the experimental class compared with the control class.


Full Text:

PDF

References


Johnson, Elaine B. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung : MLC, 2007.

Mulyani. Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP N 4 Metro. 2, Lampung : BIOEDUKASI, 2013, Vol. 4.

Miadi, Okta. Penggunaan Pendekatan Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Energi dan Usaha. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah, 2014.

Nurhadi. Pendekatan Kontekstual. Jakarta : Depdiknas, 2002.

Dimyati and Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta, 2009.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka, 2007.

Padmo, Dewi and dkk. Teknologi Pembelajaran: Peningkatan Kualitas Belajar melalui Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Pusat Teknologi dan Informasi Pendidikan, 2004.

Abdullah, Mikrajuddin. IPA Fisika SMP dan MTS Jilid 3. Jakarta : ESIS, 2007.

Tipler, Paul A. Physics for Scientist and Engineers, Third Edition. Jakarta : Erlangga, 1998.

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta, 2002.

Hake, Richard R. Interactive Engagement Methodes In Introductory Mechanics Courses. Bloomingtoon : Indiana University, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

-------------------------------------------------------------------------------

Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. e-ISSN: 2355-620X.

 

Jumlah Kunjungan