Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw disertai Media Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Ilmu Alamiah Dasar Mahasiswa Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan

Ariati Dina Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep mahasiswa Akuntansi UAD pada mata kuliah IAD dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai media mindmapping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang berupa soal pemahaman konsep IAD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai media mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa akuntansi pada mata kuliah IAD dengan nilai rata-rata kelas pada siklus 1 adalah 62,125 dan nilai rata-rata kelas meningkat pada siklus 2 yaitu 73,5.

 

This study aimed to determine the concept understanding of IAD subject of accounting student of UAD, Jigsaw Cooperative Learning model was implemented and accompanied by mind mapping media. Class act research method was used in this study. Data was collected using concept understanding test form of IAD subject. The result of this study shows that there’s an increase of student understanding level in IAD subject with class average value of cycle 1 is 62,125 and 73,5 for the cycle 2.

 

Kata kunci: Jigsaw, Mind Mapping, Pemahaman Konsep


Full Text:

PDF

References


Abdullah Aly dan Eny Rahma. 2014. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Rosmiati. 2013. Penerapan model Pembelajaran Koopeatif Tipe Jigsaw Pada materi Pokok Gerak Untuk meningkatkan Aktifitas dan Prestasi belajar Fisika Siswa kelas VII SMP Negeri 21 Mataram. Surabaya: Proceeding Seminar Nasional Sains UNESA. Penerbit Perwira Media Nusantara

Slavin, R.E. 2009. Cooperative Learning (Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media

_____. 2016. The Jigsaw Classroom. Diunduh dari www.jigsaw.org

Walton Hall&Milton Keynes. 2005. Mind Mapping. The University of Adelide. https://www.adelaide.edu.au/writingcentre/learning_guides/learningGuide_mindMapping.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v3i1.4542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats