Indiginasi Seni dan Budaya dalam Pembelajaran Fisika

Authors

  • Mujadi Mujadi Pendidikan Fisika Universitas Terbuka Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3253

Abstract

"Pelajaran apa yang paling sulit dan tidak anda sukai?" Pertanyaan tersebut oleh siswa-siswa SMP maupun SMA akan dijawab dengan pasti, yaitu "pelajaran matematika, fisika, dan kimia". Diantara ketiga pelajaran tersebut pelajaran Fisika sudah pasti menjadi monster yang menakutkan bagi para siswa di SMP maupun di SMA. Meng-Indiginasi Seni dan Budaya dalam Pembelajaran Fisika di sekolah sangat menyenangkan adalah suatu kesatuan ilmu yang satu dengan lainnya saling berkorelasi. Seni dan budaya yang ada di Nusantara ini sebaiknya tidak hanya dipandang dari sisi keindahannya saja, namun masih ada yang tersembunyi dibalik keindahan itu adalah ilmu pengatahuan dan teknologi. Kegiatan-kegiatan seni dan budaya banyak di aktualisasikan dalam bentuk simbol-simbol yang statis maupun dinamis seperti tari-tarian dan bangunan-bangunan candi. Suatu uji coba bagaimana mengawali siswa belajar fisika menjadi menyenangkan bukan dari rumus-rumus dan hitungan-hitungan yang cukup menyulitkan bagi siswa, atau melalui motivasi dan apersepsi yang terfokus pada pelajaran fisika yang membuat siswa dari awal sudah diajak berpikir keras. Pelibatan seni dan budaya memungkinkan siswa tanpa disadari telah diajak belajar fisika. Pada proses ini siswa tidak merasakan sama sekali bahwa apa yang dilihatnya akan membuka cakrawala berpikir dengan mudah dan menyenangkan. Dari beberapa uji coba dibeberapa siswa SMA maupun SMP diperoleh data bahwa Seni dan Budaya dapat memberi sumbangan yang sangat besar dan menyenangkan bagi siswa untuk mengawali pembelajaran fisika.

References

Ali Nugraha, A.Sy. Dina Dwiyana. (2010). Dasar-dasar Matematika dan Sains. Jakarta: Universitas Terbuka

Dash, V.B. 1980. Basic Principle of Ayurveda. New Delhi: Concept Publ.Co.

Dash, V.B. 1980. Diagnosis and Treat¬ment of Diseases in Ayurveda. New Delhi: Concept

Hallyday, D. & Resnick, R. (2005). Fisika jilid 1 edisi ketiga. Jakarta: Erlangga

IPP.(2013).Pengertian Dan Definisi Seni budaya Menurut Para Ahli. 13 Otober, 2013.

https://www.facebook.com/permalink.php?id=452641594854779&story_fbid=452654711520134. ditampilkan pada tanggal 14 Nov 2015 02:23:07 GMT.

Karyadi, B. (1999). Peningkatan mutu pelajaran sains dan matematika melalui upaya indiginasi seni budaya. Makalah disajikan pada National Workshop on Integration of Values of Art into ScienceTeaching, Surakarta. Desember 1999.

Mujadi,dkk, (2011). Fisika Dasar 1, Jakarta: Universitas Terbuka

Muhibbin Syah, (2013). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada

Primadi, T. (1998). Proses kreasi, apresiasi, belajar. Bandung: ITB.

Pusposutardjo, S. (1999). Indiginasi nilai-nilai seni dalam pembelajaran ilmu-ilmu matematika dan pengetahuan alam sebagai bagian dari proses pembudayaan peserta didik.

Makalah disajikan pada National Workshop on Integration of Values of Art into ScienceTeaching, Surakarta. Desember 1999.

Rai. Godagama, S.I 996. The Hand Book of Ayurveda. London: K-yle Katie.

Miftah Ridwan. M. (2013).Macam-macam Teori Belajar. 14 Mei 2013. http://miftahridwan.blogspot.com/2013/05/macam-macam-teori-belajar.html. ditampilkan pada tanggal 15 Nov 2015 08:00:34 GMT

Nur Taufik. (2015).Pengertian Seni Menurut Ki hajar Dewantara Dan Para Ahli . 4 Agt 2015.

http://www.dinamikabelajar.com/2015/08/pengertian-seni-menurut-ki-hajar.html. ditampilkan pada tanggal 13 Nov 2015 17:47:00 GMT.

Seputar Pengetahuan.(2015). Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Lengkap . Maret 07, 2015

http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pengertian-budaya-menurut-para-ahli.html. ditampilkan pada tanggal 15 Nov 2015 23:27:26 GMT.

Supriyono,K.H. (2003). Common textbook (edisi revisi) strategi pembelajaran fisika. Malang: FMIPA Universitas Malang.

Tim Penulisan Naskah Pengembangan Media Kebudayan.(1977). Sejarah Seni Budaya Jawa Barat II. Kantor Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jabar Kota, Jakarta,

Downloads

Published

2015-10-20