Indiginasi Seni dan Budaya dalam Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3253Abstract
"Pelajaran apa yang paling sulit dan tidak anda sukai?" Pertanyaan tersebut oleh siswa-siswa SMP maupun SMA akan dijawab dengan pasti, yaitu "pelajaran matematika, fisika, dan kimia". Diantara ketiga pelajaran tersebut pelajaran Fisika sudah pasti menjadi monster yang menakutkan bagi para siswa di SMP maupun di SMA. Meng-Indiginasi Seni dan Budaya dalam Pembelajaran Fisika di sekolah sangat menyenangkan adalah suatu kesatuan ilmu yang satu dengan lainnya saling berkorelasi. Seni dan budaya yang ada di Nusantara ini sebaiknya tidak hanya dipandang dari sisi keindahannya saja, namun masih ada yang tersembunyi dibalik keindahan itu adalah ilmu pengatahuan dan teknologi. Kegiatan-kegiatan seni dan budaya banyak di aktualisasikan dalam bentuk simbol-simbol yang statis maupun dinamis seperti tari-tarian dan bangunan-bangunan candi. Suatu uji coba bagaimana mengawali siswa belajar fisika menjadi menyenangkan bukan dari rumus-rumus dan hitungan-hitungan yang cukup menyulitkan bagi siswa, atau melalui motivasi dan apersepsi yang terfokus pada pelajaran fisika yang membuat siswa dari awal sudah diajak berpikir keras. Pelibatan seni dan budaya memungkinkan siswa tanpa disadari telah diajak belajar fisika. Pada proses ini siswa tidak merasakan sama sekali bahwa apa yang dilihatnya akan membuka cakrawala berpikir dengan mudah dan menyenangkan. Dari beberapa uji coba dibeberapa siswa SMA maupun SMP diperoleh data bahwa Seni dan Budaya dapat memberi sumbangan yang sangat besar dan menyenangkan bagi siswa untuk mengawali pembelajaran fisika.
References
Ali Nugraha, A.Sy. Dina Dwiyana. (2010). Dasar-dasar Matematika dan Sains. Jakarta: Universitas Terbuka
Dash, V.B. 1980. Basic Principle of Ayurveda. New Delhi: Concept Publ.Co.
Dash, V.B. 1980. Diagnosis and Treat¬ment of Diseases in Ayurveda. New Delhi: Concept
Hallyday, D. & Resnick, R. (2005). Fisika jilid 1 edisi ketiga. Jakarta: Erlangga
IPP.(2013).Pengertian Dan Definisi Seni budaya Menurut Para Ahli. 13 Otober, 2013.
https://www.facebook.com/permalink.php?id=452641594854779&story_fbid=452654711520134. ditampilkan pada tanggal 14 Nov 2015 02:23:07 GMT.
Karyadi, B. (1999). Peningkatan mutu pelajaran sains dan matematika melalui upaya indiginasi seni budaya. Makalah disajikan pada National Workshop on Integration of Values of Art into ScienceTeaching, Surakarta. Desember 1999.
Mujadi,dkk, (2011). Fisika Dasar 1, Jakarta: Universitas Terbuka
Muhibbin Syah, (2013). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada
Primadi, T. (1998). Proses kreasi, apresiasi, belajar. Bandung: ITB.
Pusposutardjo, S. (1999). Indiginasi nilai-nilai seni dalam pembelajaran ilmu-ilmu matematika dan pengetahuan alam sebagai bagian dari proses pembudayaan peserta didik.
Makalah disajikan pada National Workshop on Integration of Values of Art into ScienceTeaching, Surakarta. Desember 1999.
Rai. Godagama, S.I 996. The Hand Book of Ayurveda. London: K-yle Katie.
Miftah Ridwan. M. (2013).Macam-macam Teori Belajar. 14 Mei 2013. http://miftahridwan.blogspot.com/2013/05/macam-macam-teori-belajar.html. ditampilkan pada tanggal 15 Nov 2015 08:00:34 GMT
Nur Taufik. (2015).Pengertian Seni Menurut Ki hajar Dewantara Dan Para Ahli . 4 Agt 2015.
http://www.dinamikabelajar.com/2015/08/pengertian-seni-menurut-ki-hajar.html. ditampilkan pada tanggal 13 Nov 2015 17:47:00 GMT.
Seputar Pengetahuan.(2015). Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Lengkap . Maret 07, 2015
http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pengertian-budaya-menurut-para-ahli.html. ditampilkan pada tanggal 15 Nov 2015 23:27:26 GMT.
Supriyono,K.H. (2003). Common textbook (edisi revisi) strategi pembelajaran fisika. Malang: FMIPA Universitas Malang.
Tim Penulisan Naskah Pengembangan Media Kebudayan.(1977). Sejarah Seni Budaya Jawa Barat II. Kantor Wilayah Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jabar Kota, Jakarta,
Downloads
Published
Issue
Section
License
COPYRIGHT TRANSFER FORM
The copyright to this article is transferred to Universitas Ahmad Dahlan (UAD) if and when the article is accepted for publication. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to UAD. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
- This paper has not been published in the same form elsewhere.
- It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
- A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above mentioned paper in whole to UAD. The copyright transfer covers the exclusive right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, micro form, electronic form (offline, online) or any other reproductions of similar nature.
The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. This agreement is to be signed by at least one of the authors who have obtained the assent of the co-author(s) where applicable. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
- Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the Work.
- Authors may reproduce or authorize others to reproduce the Work or derivative works for the authors personal use or for company use, provided that the source and the UAD copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies UAD endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
- Although authors are permitted to re-use all or portions of the Work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.