Keefektifan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Kalor
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran REACT dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran direc instruction (2) Keefektifan model pembelajaran REACT (3) Hasil belajar afektif siswa yang mengikuti model pembelajaran REACT. Teknik analisis data dengan uji t, uji Mann Whitney-U dan normalized gain(N-Gain). Analisis lembar observasi dengan klasifikasi afektif. Hasil penelitian: (1) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran REACT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran direc instructiondengan nilai sig. 0,091. Terdapat perbedaan hasil belajar afektif antara siswa yang mengikuti model pembelajaran REACT dengan siswa yang mengikuti pembelajaran direc instructiondengan nilai sig.0,04 (2) Model pembelajaran REACT efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dengan N-gain kelas eksperimen 0,365 lebih besar dari N-gain kelas kontrol 0,317, hasil uji Effect size 0,41 (perbedaan peningkatan signifikan) (3) Hasil belajar afektif dengan rata-rata skor 3,49 dengan klasifikasi sangat baik.
Full Text:
PDFReferences
Kokom Komalasari. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Zeki, Ahmet. (2011). Investigation of Student Centered Teaching Application of Physics Student Teacher. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education Jan 51-58.
Kaselin, dkk. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Dengan Strategi REACT Berbaasis Etnomatematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research.
Arifin, Muhammad. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran REACT dan ARCS terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika
Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id
e-ISSN: 2355-620X
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.
View My Stats