Penggunaan Metode Peer Tutoring dengan Kassitu untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Fisika

Sujatmiani Sujatmiani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar menggunakan metode peer tutoriing dengan Kassitu. Pengumpulan data kuantitatif dengan soal pretest dan posttest sedangkan data kualitatif didapatkan melalui angket, dan lembar observasi. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis deskriptif komparatif dengan melihat perbandingan nilai pre test dan pos test pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Data kualitatif dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mencari point penting dan informasi tambahan dari hasil observasi.

Motivasi belajar meningkat sebesar 11,78% sedangkan Hasil belajar meningkat sebesar 17,89%. Motivasi belajar siswa meningkat dilihat dari aktifitas kelompok dalam berdiskusi, mengerjakan soal latihan, tanya jawab bersama tutor, serta turnamen antar kelompok sehingga dapat disimpulkan bahwa metode peer tutoring dengan Kassitu dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA


Full Text:

PDF

References


Trianto, 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.

Huda Miftahul. 2013. Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.

Evita Rahayu dan Sukanti. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan bantuan Tutor Sebaya untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.XI, No. 2, tahun 2013 : 76-90.

Siska Firmasari, YL Sukestiyarno, Sc.Mariani. 2013. Pengembangan bahan Ajar menggunakan Taksonomi SOLO Superitem dengan Tutor Sebaya Berbantuan WinGeom. Semarang: Unnes Journal of Mathematics Education Research: UJMER 2 (1) (2013) :184-189.

Istianah Qudsi FT. 2014.Pembelajaran Tutor Sebaya Materi Besaran dan Satuan Fisika. Jawa Timur: Dinamika Vol.4,No.3, Januari 2014 : 1-10.

Arjanggi R dan Suprihatin T. 2010. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi Diri. Semarang: Makara, Sosial Humanora, Vol. 14, No. 2, Desember 2010: 91-97.

Koswara Deni dan Halimah. 2008. Bagaimana Menjadi Guru Kreatif. Bandung: Pribumi Mekar

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Uno Hamzah. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati dan Mudjiono.2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta & Depdikbud.

Brittany Hott and Jennifer Walker. 2012. Peer Tutoring. George Mason University Jasneen Sahni, Marymount University. CLD ( Council for Learning Diabilities).

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Ningrum Pusporini Anggorowati.2011. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Kudus: Jurnal Komunitas 3 (1) (2011):103-120.

Allen Thurston, K. Van de Keere, K.J. Topping, W. Kosack, S.Gatt, J. Marscal, N. Mestdagh, D. Schmeinck, W. Sidor, K. Donnert. 2007. Peer learning in primary school science: Theoritical prespectives and implications for classroom practice. Elecrtonic Journal of Research in Educational Psychology, N. 13 Vol. 5(3) 2007. ISSN: 1696-2095. Pp:477-496.

Fajar Sanubari, Sri Yamtinah, dan Tri Rejeki. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya dilengkapi dengan Media Interaktif Flash untuk meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 pada Materi Larutang Penyangga. Surakarta: Jurnal Pendidikan Kimia ( JPK), Vol. 3 No. 4 Tahun 2014 : 146-154.

Tracey D Fox, Natasha B Vos and Johanna L Geldenhuys. 2007. The experience of cross-cultural peer teaching for a group of mathematics learners. Nelson Mandela Metropolitan University, Phythagoras 65, June, 2007, pp. 45-52.

Chen, Ching, Liu, and Chang-Chen. 2010. A case study of peer tutoring program in higher education. Taiwan: Research in Higher Education Journal: 1-10.

Ray(Arora) Suranjana, Ray Ujjani, Ray Manas Kanti. 2015. Peer Tutoring as a Remedial Measure for Slow Learners in a Medical School. Journal of Krishna Institute of Medical Sciences University ( JKIMSU), Vol.4,No. 1, Jan-Mar 2015 : 130-134.

Eggen, Paul dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT.Indeks.

Subyantoro. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Duta Publishing Indonesia.

Supardi dan Suhardjono. 2012. Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats