Penggunaan Alat Peraga Sederhana SISI MISTIS dalam Pembelajaran Listrik Statis

Jaka Afriana

Abstract


Listrik statis merupakan konsep IPA yang bersifat abstrak, khususnya perpindahan elektron yang menyebabkan suatu benda bermuatan. Elektron tidak bisa dilihat, hanya bisa dimodelkan. Alat peraga sederhana (APS) Simulasi Muatan Listrik Statis (SISI MISTIS) diharapkan dapat mengkonkritkan elektron yang berpindah sehingga membuat benda bermuatan setelah digosok/geser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik tentang konsep listrik statis melalui pembelajaran menggunakan APS SISI MISTIS, mengetahui keefektifan APS SISI MISTIS dalam pembelajaran, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran listrik statis menggunakan APS SISI MISTIS. Hasil yang dicapai dalam pembelajaran yaitu : (1) Uji statistik McNemar dan dilanjutkan tes Binomial diperoleh rata-rata keseluruhan 3,89 (perubahan signifikan); (2) keefektifan APS SISI MISTIS dalam pembelajaran bagi peserta didik tergolong sedang dengan rata-rata harga efek size sebesar 0,53; (3) respon positif peserta didik terhadap pembelajaran listrik statis menggunakan APS SISI MISTIS diperolehan skor rata-rata 86,02 % dari kriteria yang diharapkan. 


Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP/MTs, Jakarta BSNP, 2006

Kemdikbud, Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013, Jakarta Kemdikbud, 2013

Afriana, Jaka, Miskonsepsi Buku Ajar Fisika SMP Kelas IX Tentang Rangkaian Listrik Arus Searah yang Banyak Dipakai di Pontianak, Skripsi Program Sarjana, Pontianak Universitas Tanjungpura, 2008

Widiyatmoko, A., dan Pamelasari, S.D, Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 1 edisi 1, 2012, hal 51 – 56

Dirjen Pembinaan SMA, Pedoman Pembuatan Alat Peraga Kimia Untuk SMA, 2011. Website: http://psma.kemdikbud.go.id/files/

Buku_Alat_Peraga_Kimia.pdf‎ diakses tanggal 2 November 2013

Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Jakarta Rajawali Pers, 2005

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung Alfabeta, 2013

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung PT Remaja Rosdakarya, 2010




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v2i2.3247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats