Peningkatan Pembelajaran IPA Fisika Tutor dan Mahasiswa S1 PGSD-UT dalam Multikultural di Provinsi Nanggroe Aceh Darussallam melalui Penggunaan Power Point dan Internet Interaktif

Mujadi Mujadi

Abstract


Keragaman budaya dalam proses pembelajaran berbasis IPTEK dengan pola maupun model yang beragam mempunyai makna yang sama untuk mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Semua pembelajaran akan lebih bermakna dan punya arti jika didalamnya terkandung suatu kebebasan, keadilan, kesederjatan, dan perlindungan terhadap hak-hak manusia. Secara jelas hakekat pendidikan multikultural mempersiapkan seluruh mahasiswa bekerja secara aktif menuju kesamaan struktur. Di era globalisasi ini sistem pendidikan harus mampu menerima dan menyerap serta mengembangkan perkembangan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni sebagai bagian penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran yang saat ini telah tersebar di seluruh pelosok tanah air jauh panggang dari api. Keragaman budaya (mulikultural)tidak menghalangi penggunaan Power Point dan Internet Interaktif (PPI) untuk pendidikan yang bertujuan meningkatkan kemampuan mahasiswa/siswa untuk penguasaan konsep IPA Fisika, kemampuan berinovasi, serta meningkatkan keterampilan pada proses pembelajaran. Hasil monitoring tutorial IPA dengan menggunakan PPI berdampak positif secara dua arah, yaitu tutor dan mahasiswa. Teori yang disimulasikan dengan model Power Point dan Internet Interaktif merupakan pembelajaran yang sangat interaktif dan meningkatkan motivasi pembelajaran serta bertambahnya tingkat kemandirian belajar sehingga mendapatkan achievement belajar secara optimal.

Full Text:

PDF

References


Al-Hakim, Suparlan.(2002). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Deep Dialogue/Critical Thinking (DD/CT), P3G, Dirjen Dikdasmen.

Ali, Muhamad. (2003). Teologi Pluralis-Multikultural: Menghargai Kemajemukan Menjalin Kebersamaan. Jakarta. Penerbit Buku Kompas.

Akhmad Sudrajat.(2010).Media Pembelajaran Berbasis Komputer. saddiana73.files.wordpress.com

Banks, J.A. (1993). “Multicultural Educatian: Historical Development, Dimentions and Practrice†In Review of Research in Education, vol. 19, edited by L. Darling- Hammond. Washington, D.C.: American Educational Research Association.

Banks, J.A. (1991). “Multicultural Education: Its Effects on Studies‟ Racial and Gender Role Attitude†In Handbook of Research on Sociel Teachng and Learning. New York: MacMillan.

Izzatin Kamala. (2008). Makalah Praktikum Pendidikan IPA. Universitas Negeri Yogyakarta

Maman Rumanta.dkk.(2009). Praktikum IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Mujadi.dkk.(2011).Fisika Dasar 1. Jakarta:Universitas Terbuka

Izzatin Kamala. (2008). Makalah Praktikum Pendidikan IPA. Universitas Negeri Yogyakarta

Yosapat Sumardi.dkk.(2010).Konsep Dasar IPA di SD.Jakarta: Universitas Terbuka

…………:pembelajaran-berbasis-multikultural/Dikutip dari http://lubisgrafura.wordpress.com. 2007/09/10/pembelajaran-berbasis-multikultural.

…………….:Interactive Science Simulations: edu.colorado.phet




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v1i2.1999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats