Hambatan guru fisika dalam menerapkan pembelajaran saintifik berbasis kurikulum 2013 di SMA

Nurzakiyah Nurzakiyah, Sitti Nurpahmi, Eka Damayanti

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pandangan guru Fisika tentang faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik berbasis Kurikulum 2013. Jenis penelitian kualitatif ini memiliki dua subjek penelitian yakni guru Fisika di SMA Negeri 6 Sinjai. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara mendalam, observasi terbuka, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dideskripsikan secara naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami guru Fisika dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yakni guru belum sepenuhnya paham dengan Pendekatan Saintifik, format RPP dan format penilaian yang selalu berubah, alokasi waktu yang tidak cocok untuk menerapkan Pendekatan Saintifik, sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai, dan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda dalam memahami pelajaran.

Kata kunci: pendekatan saintifik, kurikulum 2013

 

Abstract. The purpose of this research is to know the Physics teacher's views on inhibiting factors in the learning process using a scientific approach based on the 2013 Curriculum. This qualitative research had two research subjects coming from Physics teachers of SMA 6 Sinjai. The data collected thorough deep interviews, open observations, and field notes. Then the data described such as narrative description. The results of the study show that there are obstacles faced by Physics teachers in the learning process using scientific approach namely physic teachers who are not fully recognized scientific approach, formatting of lesson plans and evaluation tend to change frequently, insufficient time inappropriate time to support this approach, inadequate school infrastructure, and the student's different abilities to understand the lesson.

Keywords: scientific approach, 2013 curriculum


Full Text:

PDF

References


M. M. Ibrahim, Implementasi Kurikulum 2013 Rekonstruksi Kompetensi Revolusi Pembelajaran dan reformasi penilaian, Makassar: Alauddin University Press, 2014.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: CV Alfatih Berkah Cipta, 2012.

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010.

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2006.

Rusman, Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2015.

A. Majid and C. Rochman, Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

M. Ngabalin, "Persepsi dan Upaya Guru PAI dalam Implementasi Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 di SMA Negeri 52 Jakarta Utara," in Skripsi Online, Jakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2014.

Mulyasa, Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Cet. I, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

M. Fadlillah, Implementasi Kurikulum 2013, Yogyakarta: AR-Ruzzz Media, 2014.

D. Sudirman and E. G. Rahmi, "Persepsi Guru Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam Terhadap Pelaksanaan Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 di Smp Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan," jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, vol. 1, no. 2, pp. 9-14, 2018.

Sufairoh, "Pendekatan Saintifik dan Model Pembelajaran K-13," Jurnal Pendidikan Profesional, vol. 5, no. 3, pp. 116-125, 2016.

G. Haryana and Gimin, "Hambatan yang Dihadapi Guru Ekonomi SMA dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kota Pekanbaru," Pekbis Jurnal, vol. 7, no. 2, pp. 146-151, 2015.

N. Juwariah, T. Atmojo and B. Usodo, "Pola Pikir (Mindset) Guru dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Gender," Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, vol. 3, no. 4, pp. 418-427, 2015.

R. F. Putri and J.Jumadi, "Kemampuan Guru Fisika dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta Kendala-Kendala yang Dihadapi," Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 3, no. 2, pp. 201-2011, 2017.

. F. d. Ardianingsih, "Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus Pada Sekolah Luar Biasa Di Sidoarjo," Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 14-20, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jrkpf.v7i1.15664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nurzakiyah Nurzakiyah, Sitti Nurpahmi, Eka Damayanti


Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika | Journal of Research and Physics Education Studies
Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Telp. (0274) 563515, ext. 43514; Fax. (0274) 564604, Hp. +62822 3634 7674
Email: jrkpf@pfis.uad.ac.id


e-ISSN: 2355-620X


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Jumlah Kunjungan

Best viewed on Mozilla Firefox at screen resolution 1366 x 768 pixels.

View My Stats