HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SDN PORIS GAGA 05 KOTA TANGERANG

Amni Fauziah, Asih Rosnaningsih, Samsul Azhar

Abstract


Minat merupakan sebuah awal penggerakan untuk siswa dalam belajar yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang diingkinkan. Tujuan dalam kaitan ini adalah tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris gaga 05 Kota Tangerang.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif korelasi pada siswa SD Kelas IV. Sampel pada penelitian ini adalah 54 siswa kelas IV yang terdiri dari kelas IVA dan IVB. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris gaga 05 Kota Tangerang dengan nilai r hitung 0,889 lebih besar dari r tbel 0,264 atau 0,89 > 0,264 dengan tingkat hubungan sangat kuat. 2) Terdapat hubungan yang positif antaar motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris gaga 05 Kota Tangerang dengan koefisien determinasi yaitu 0,889 x 0,889 x 100 = 0,791%.

Keywords


Motivasi belajar; minat belajar; siswa kelas IV

Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group

Djaali, H. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, S.B (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hidayat, S. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang: Pustaka Mandiri

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Prahmadita, A.D. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Mengikuti Ekstrakurikuler Drumband di SMP Negeri 1 Sleman. Fakultas Bahasa dan Seni. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

http://eprints.uny.ac.id/17679/1/Aulia%20Devi%20Prahmadita%2008208241012.pdf

Purwanto, M.N. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Uno, H.B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Warsito. (2016). Diktat Statistik., Tangerang: Univeristas Muhammadiyah Tangerang




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats