PENGEMBANGAN MEDIA BIYAS MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9591Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran Biyas, Siswa SD Kelas V, Pembelajaran IPA, Materi Gaya GesekAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran yang dimiliki oleh sekolah sehingga guru dalam memaparkan materi masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran. Guru belum mempunyai media yang relevan untuk menunjang pemahaman siswa khususnya materi gaya gesek, selain itu hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA masih rendah. Penelitian menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall. Kevalidan produk berdasarkan data validasi tahap satu ahli media 1 sebesar 97,778% dengan kriteria penilaian sangat layak. Validasi ahli materi 1 sebesar 64% kriteria layak. Validasi ahli media 2 sebesar 94,444% dengan kriteria sangat layak. Validasi ahli media 3 sebesar 70% dengan kriteria layak. Validasi ahli materi 3 sebesar 77,333% dengan kriteria layak. Hasil validasi tahap kedua ahli materi 1 sebesar 89,333% dengan kriteria sangat layak Validasi ahli media 3 sebesar 95,555% kriteria sangat layak. Validasi ahli materi 3 sebesar 94,667% dengan kriteria sangat layak. Kesimpulannya bahwa pengembangan media biyas valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi gaya gesek.References
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Kiswandari, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Daur Air pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 970-975.
Sanaky, D. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kakauba Dipantara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan . Bandung: Alfabeta.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Cv Wacana Prima.
Zubaidi, A., & Lidyawati, R. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SDN 1 Alas Tengah Situbondo. Jurnal Online Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, 1-13.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License