KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEDISIPLINAN GURU-GURU SD YANG BERSERTIFIKASI PENDIDIK DI KECAMATAN TEPUS GUNUNG KIDUL

Wartomo Wartomo

Abstract


Dalam proses pendidikan selalu diarahkan ke peningkatan kualitasnya. Usaha pemerintah untuk meningkatkannya salah satunya melalui pemberian sertifikasi pendidik kepada para guru. Dalam hal ini perlu diadakan penelitian yang bertujuan mengetahui  sejauhmana kemampuan kompetensi pedagogik dan kedisiplinan kerja guru-guru SD yang bersertifikasi pendidik di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut maka diadakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Penentuan subyek menggunakan teknik quota area random sampling. Jumlah subyek 25% dari jumlah anggota populasi dan masing-masing desa pada Kecamatan Tepus diambil sesuai jumlahnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi sebagai metode pokok, dan interview sebagai metode pelengkap.  Kesimpulan penelitian ini adalah kemampua  kompetensi pedagogik  guru-guru SD yan sudah bersertifikasi pendidik dalam kondisi bagus (83%), dan kedisiplinan kerjanya dalam kondisi bagus pula (75%). Disarankan selalu dilaksanakan monitoring dan pembinaan terhadap guru-guru SD supaya tetap menampilkan kompetensi pedagogik dan kedisiplinan kerja semakin bagus demi peningkatan kualitas pendidikan.


Keywords


Kompetensi pedagogik, kedisiplinan kerja, dan sertifikasi pendidik.

Full Text:

PDF

References


Eny Susilowati. 2009. Tiga Tipe Guru. Harian Kedaulatan Rakyat, Selasa 3 Februari 2009.

Giyono, Wisnu. 2010. Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran Guru-Guru SD di Kecamatan Kretek, Bantul. Laporan Penelitian. Yogyakarta UST.

Giyono, Wisnu. 2006. Kemampuan Mengajar Guru-Guru SD di Kecamatan Kretek, Bantul. Laporan Penelitian Yogyakarta. Akpar Buana Wisata.

Palupi Panca Astuti. 2006. Peran Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Harian Kompas, Kamis 2 Maret 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 18 tahun 2007 tentang sertifikasi bagi Guru dalam jabatan. http://sertifikasiguru.or/index.php.page:permen1097.

Sugiman dan Giyana. 2001. Upaya Peningkatan Belajar Matematika Melalui Pembinaan Teknologi Pembelajaran di Sekolah Dasar di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Laporan Penelitian UNY. Tidak diterbitkan.

Sumardi. 2009. Guru Pandang Sertifikasi hanya untuk Gaji. Harian Kedaulatan Rakyat. Selasa 3 Februari 2009.

Warniasih, Kristina. 2011. Kemempuan Menggunakan Alat Peraga Pada mata Pelajaran Matematika Guru-Guru SD di Kecamatan Pajangan Bantul. Laporan Penelitian. Yogyakarta. UPY.

Wahyumiami, Nur dkk.2003. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kedisiplinan Kerja dengan Kemampuan Mengajar Guru-Guru SD di Kecamatan Pajangan Bantul. Laporan Penelitian. Yogyakarta: IKIP PGRI Yogyakarta.

Wilardjo. L. 2014. Guru. Harian Kompas 2 Februari 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v3i2.a7657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats