REDESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF PEMBELAJARAN ABAD 21

Lilis Patimah

Abstract


Munculnya periode baru yang sering disebut dengan masa desrupsi menuntut sumber daya manusia memiliki kompetensi dan ketrampilan baru. Lembaga pendidikan merupakan sarana untuk menyiapkan sdm yang punya kompetensi dan ketrampilan tersebut. Oleh karena itu, lembaga pendidikan islam harus mampu menyesuaikan desain pembelajarannya agar mampu membekali siswa memiliki kompetensi dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk hidup pada abad 21. Dalam perspektif pembelajaran abad 21, ada 4 hal penting yang harus dikembangkan oleh lembaga pendidikan islam, yaitu; critical thingking, creativity, communication, dan collaboration. Artikel ini focus pada dua aspek yaitu, bagaimana desain pembelajaran agar siswa memiliki kompetensi berpikir kritis dan bertindak kreatif. Data dikumpulkan melalui literature review dan dianalisis melalui analisis data deskriptif kualitatif. Kesimpulan menunjukkan bahwa pertama, kompetensi critical thingking dapat dicapai melalui pendekatan saintifik, Kedua, kompetensi creativity, dapat dicapai dengan cara mendesain pembelajaran sehingga dapat menghasilkan produk tertentu.


Keywords


Pembelajaran abad 21, Berpikir Kritis dan Kreatif, Lembaga Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Aitken, Nola and Pungur, Lydia (1996) Authentic Assessment, diunduh dari www.ntu.edu.vn, Oktober 2013.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2010). Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: BSNP

Costa, A. L., & Kallick, B. (1992). Reassessing assessment. In A. L.

Costa, J. A. Bellanca, & R. Fogarty, (Eds.), If minds matter: A forward to the future, Volume II (pp. 275280). Palatine, IL: IRI/Skylight Publishing

Dyer, Jeffrey H.; Gregersen, Hal B., and Christensen, Clayton M. (2009) The innovator’s DNA, Harvard Business Review, December 2009, pp. 1-10.

Indrawati dan Wanwan Setiawan, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan t.tp. : PPPPTK IPA, 2009

Mukminan, tantangan pendidikan di abad 21, SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN 2014 “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan” Diselenggarakan oleh Prodi. Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana - Universitas Negeri Surabaya 29 November 2014, Hlm 6

Ormiston, Meg (2011). Creating a Digital-Rich Classroom: Teaching & Learning in a Web 2.0 World. Solution Tree Press. pp. 2–3. ISBN 978-1-935249-87-0

Sapriya. (2012). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin dan Rahayu Kariadinata, “Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM)”, Bahan Pelatihan, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, 2009.

Wiggins, G., and McTighe, J. (2011). The Understanding by Design guide to creating highquality units. Alexandria, VA: ASCD.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a7360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats