PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MAHASISWA PGSD UAD

Asih Mardati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun datar untuk mahasiswa PGSD serta untuk mengetahui modul yang layak bagi mahasiswa PGSD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subbjek uji coba penelitian adalah mahasiswa PGSD UAD angkatan 2015. Hasil penilaian ahli materi dan pembelajaran diperoleh skor X= 259 menunjukkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun datar layak digunakan dengan kriteria Sangat Baik. Hasil penilaian ahli media diperoleh skor X=161 menunjukkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun datar layak digunakan dengan kriteria Sangat Baik.


Keywords


Pengembangan Modul Matematika, Kontekstual, Bangun Datar

Full Text:

PDF

References


Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Dharma, Surya. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta:Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Liao, S.Y. (2012). The application of piaget and bruners cognitive-developmentaltheory in children's dance teaching. The International Journal of ArtEducation, 10 (2). 185-186.

Novia Prastika, dkk. 2013. Pengaruh pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas

Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Santrock, J.W. (2009). Psikologi pendidikan. Educational psychology EdisiKetiga Buku I (Terjemahan Diana Angelica). New York: McGraw-Hill.(Buku asli diterbitkan tahun 2008)

Soewandi, Slamet. 2005. Perspektif Pembelajaran di Berbagai Bidang. Yogyakarta: USD

Widiyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a7246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats