Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif pada Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta

Vera Yuli Erviana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesiapan pelaksanaan pembelajaran tematik-integratif berdasarkan aspek Emotive-Attitudeinal Readiness, Cognitive Readiness, dan Behavioral Readinessbagi bagi guru SD di Kota Yogyakarta terhadap penerapan Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Populasi penelitian adalah guru kelas I dan IV yang terdapat di wilayah Kota Yogyakarta sebanyak 102 guru dengan sampel sebanyak 48 guru SD yang berasal dari 10 SD negeri dan 2 SD swasta yang dijadikan pilot project berdasarkan data dari Kemendikbud DIY.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket kesiapan guru dan didukung dengan wawancara tertutup. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik persentase dengan data dibuat secara kategorikal. Hasil penelitan menunjukkan bahwa persentase kesiapan guru SD di Kota Yogyakarta dalam melaksanakan pembelajaran tematik-integratif pada Kurikulum 2013 dilihat dari aspek Emotive-Ettitudinal sebesar 80,75% (sangat siap), aspek Cognitive Readiness sebesar 73,78% (siap), dan aspek Behavioral Readiness diperoleh persentase sebesar 84,55% (sangat siap). Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru sekolah dasar di Kota Yogyakarta sudah siap melaksanakan pembelajaran tematik-integratif.


Keywords


Kesiapan Guru, Tematik-Integratif, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Danim, S. (2010).Perkembangan peserta didik.Bandung: Alfabeta

Depdiknas.(2006). Strategi pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Jakarta: Depdiknas.

______. (2000). Kamus besar bahasa indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Feldman, S.R. (2012). Discovering the life span. USA: Pearson Prentice Hall.

Fogarty, R. (1991). How to integrate the curricula. Palatine: Skylight Publising Inc.

Hoover, J.J. (1990). Curriculum adaption: a five-step process for classroom implementation. Journal of Intervention in School and Clinic Vol 25:407.

Huber & Hutchings. (2008). Integrative Learning: Mapping The Terrain International. Journal for The Scholarship of Teaching & Learning Vol.2 No.1.

Irianto, Y B.(2011). Kebijakan pembaruan pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Kemdikbud.(2013). Kompetensi Dasar SD/MI Versi Maret 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats