PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FIQH DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI MADRASAH

Maruf Yuniarno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan motivasi dan prestasi siswa melalui model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Resarch) dalam pembelajaran Fiqh menggunakan model cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX A MTs Muhammadiyah Kasihan, Bantul tahun pelajaran 2015-2016. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar secara signifikan. Prosentase motivasi belajar siswa pada prasiklus sebesar 26%, siklus I pertemuan I sebesar 30%, pertemuan  II naik menjadi 59%. Siklus II pertemuan I naik menjadi 60% kemudian pada pertemuan II menjadi 78%. Siklus III pertemuan I naik menjadi 79% dan pada pertemuan II naik menjadi 85%. Prestasi belajar siswa yang diperoleh pada siklus I pertemuan I sebesar 84,2%, pertemuan ke II naik menjadi 88,1%. Namun pada siklus II pertemuan I turun menjadi 85,1%, pertemuan II turun secara signifikan menjadi 62,9%. Siklus III pertemuan I penerapan cooperative learning tipe STAD ditingkatkan kembali sehingga prosentase yang diperoleh naik menjadi 97,8% dan pada pertemuan II naik menjadi 98,4%. Penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan motivasi dan prestasi dengan melakukan modifikasi dalam hal; penggunaan media yang menarik, pengaturan tempat duduk, dan strategi pengelolaan kelas yang efektif.



Keywords


Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD, motivasi dan prestasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Mulyasa, E. 2013. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana

Nurwidayati, Putri. 2012. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Dengan Menggunakan Alat Peraga Di MI Makukuhan Krajan Temangguang. Yogyakarta : Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Slavin, Robert E. 2015. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syaodih, Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan : Bandung, Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats