PENGARUH PEMBERIAN TOKEN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5535Keywords:
Motivasi belajar siswa sekolah dasar, token ekonomiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian metode token ekonomi terhadap motivasi belajar siswa pada anak kelas empat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian berupa behaviour checklist, yaitu alat observasi yang berupa daftar yang berisi nomor-nomor subjek dan perilaku-perilaku yang diharapkan muncul selama penelitian. Subjek penelitian sebanyak 39 siswa kelas empat Sekolah Dasar Negeri Jongkang, Sleman, yaitu 17 siswa termaksud kelompok ekperimen dan 22 siswa kelompok kontrol. Usia anak dalam rentang 9-10 tahun. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analsis uji-t, yaitu paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil analisis uji-t paired sample t-test pada data pretest dan posttest kelompok eksperimen nilai t= -4,208 dengan p= 0,001 (p<0,01), artinya metode token ekonomi berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya, hasil analisis uji-t independent sample t-test dengan menggunakan gain score pada data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan nilai t= 3,073 dengan p= 0,004 (p<0,01), artinya kelompok ekperimen memiliki perubahan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa metode token ekonomi dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, khususnya minat dalam belajar, konsentrasi terhadap pelajaran, ketekunan dalam belajar, dan perhatian terhadap pelajaran.
References
Adawiyah, P.R. Widiana, S.H. 2009. Motivasi Belajar Dalam Mempelajari Agama Islam Ditinjau Dari Metode Pembelajaran. Jurnal Psikologi Vol.II No.2. 151-165
Ahmadi, A & Supriono, W. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Alwilsol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Diyamti & Mujiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offest.
Mahendra, A. & Ma’mun, A. 1998. Teori Belajar dan Pembelajaran Motorik. Bandung: CV Andira.
Makmun, A. S. 2003. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Martin, G. & Pear, J. 2003. Behavior Modification: What It Is and How To Do It. United States of America: Pearson Prentice Hall.
Miltenberger, Raymon G. 2004. Behavior Modification: Principle and Procedures Third Edition. United States of America: Wadsworth.
Mujiman, H. 2006. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar.
Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persaja.
Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, M. M.ed. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.
Soekadji, Soetarlinah. 1983. Modifikasi Perilaku: Penerapan Sehari-hari dan Penerapan Profesional. Yogyakarta: Liberty.
Wahyuni, E. N. 2009. Motivasi Dalam Pembelajaran. Malang: UIN Malang Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License