PENGARUH PEMBERIAN TOKEN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muriyawati Muriyawati Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan
  • Faridah Ainur Rohmah Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5535

Keywords:

Motivasi belajar siswa sekolah dasar, token ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian metode token ekonomi terhadap motivasi belajar siswa pada anak kelas empat Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan design pretest-posttest control group design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian berupa behaviour checklist, yaitu alat observasi yang berupa daftar yang berisi nomor-nomor subjek dan perilaku-perilaku yang diharapkan muncul selama penelitian. Subjek penelitian sebanyak 39 siswa kelas empat Sekolah Dasar Negeri Jongkang, Sleman, yaitu 17 siswa termaksud kelompok ekperimen dan 22 siswa kelompok kontrol. Usia anak dalam rentang 9-10 tahun. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analsis uji-t, yaitu paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil analisis uji-t paired sample t-test pada data pretest dan posttest kelompok eksperimen nilai t= -4,208 dengan p= 0,001 (p<0,01), artinya metode token ekonomi berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya, hasil analisis uji-t independent sample t-test dengan menggunakan gain score pada data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukan nilai t= 3,073 dengan p= 0,004 (p<0,01), artinya kelompok ekperimen memiliki perubahan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa metode token ekonomi dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa, khususnya minat dalam belajar, konsentrasi terhadap pelajaran, ketekunan dalam belajar, dan perhatian terhadap pelajaran.

References

Adawiyah, P.R. Widiana, S.H. 2009. Motivasi Belajar Dalam Mempelajari Agama Islam Ditinjau Dari Metode Pembelajaran. Jurnal Psikologi Vol.II No.2. 151-165

Ahmadi, A & Supriono, W. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Alwilsol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Diyamti & Mujiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offest.

Mahendra, A. & Ma’mun, A. 1998. Teori Belajar dan Pembelajaran Motorik. Bandung: CV Andira.

Makmun, A. S. 2003. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martin, G. & Pear, J. 2003. Behavior Modification: What It Is and How To Do It. United States of America: Pearson Prentice Hall.

Miltenberger, Raymon G. 2004. Behavior Modification: Principle and Procedures Third Edition. United States of America: Wadsworth.

Mujiman, H. 2006. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pustaka Pelajar.

Sardiman, A. M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persaja.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. M.ed. 1999. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.

Soekadji, Soetarlinah. 1983. Modifikasi Perilaku: Penerapan Sehari-hari dan Penerapan Profesional. Yogyakarta: Liberty.

Wahyuni, E. N. 2009. Motivasi Dalam Pembelajaran. Malang: UIN Malang Press.

Downloads

Published

2016-11-30

Issue

Section

Articles