STRATEGI PENGEMBANGAN HARGA DIRI ANAK USIA DINI
Abstract
Masa usia dini adalah saat yang paling tepat untuk menanamkan karakter dan kepribadian anak. Salah satu aspek kepribadian yang penting untuk dikembangkan adalah harga diri. Seorang anak dengan harga diri yang tinggi mampu menampilkan dirinya sebagai pribadi yang menyenangkan, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, mandiri, aktif, berani mengemukakan pendapat, dan percaya diri.
Tulisan ini bermaksud untuk membahas tentang strategi pengembangan harga diri anak serta upaya-upaya konstruktif yang dilakukan bersama agar harga diri anak dapat berkembang dengan baik. Tulisan ini merupkan kajian literatur untuk menemukan formula baru tentang strategi pengembangan harga diri anak usia dini. Pembentukan harga diri merupakan sebuah proses yang berkesinambungan. Harga diri yang telah terbentuk pada usia dini akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan terhadap perilaku kehidupan anak di kemudian hari. Sedemikian pentingnya pengembangan harga diri bagi setiap individu, maka perlu adanya kerjasama yang sinergis antara guru di sekolah dan orangtua.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhim, M. Fauzil. (2001). Bersikap Terhadap Anak. Yogyakarta: Titian Ilahi Press.
Al-Qur’an dan Terjemahan. (2012). Jakarta: PT Khazanah Mimbar Plus
Ariesandi S. (2008). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Branden N. (2005). The Power of Self-Esteem. New York: Bantam.
Burns RB. (1993). Konsep Diri: Teori, Pengukuran, Perkembangan dan Perilaku. Jakarta: Arcan.
Coopersmith, S. (1967). The Antecedents of Self Esteem. San Francisco, California: W.H. Freemen and Co.
Felker, D.W.(1974). Helping children to like themselves. Minneapolis: Burgess Publishing Company.
Johnson ,D.W. &Johnson, F.P. (1991). Joining Together: Group Theory & Group Skills, (4th Edition). New York: Prentice-Hall, Inc.
Marzuki, A. Choiran. (2004). Anak Saleh dalam Asuhan Ibu Muslimah. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Musbikin, Imam. (2004). Mendidik Anak Ala Shinchan. Yogyakarta: Mitra Pustaka. Papalia, E.Diane dkk. (2008). Human Development. Jakarta: Kencana,.9th edition
Papalia Olds Feldman. (2009). Human Development. Jakarta: Salemba Humanika.
Phelan, W. Thomas. (2009). 1-2-3 Magic, Cara Ajaib Mendisiplinkan Anak Umur 2-12 Tahun. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga,
Stuart &Sundeen. (1991). Principle and Practice of Psychiatric Nursing. St. Louis: Mosty Company
Wagner, Tony. (2008).The Global Achievement Gap: Why Even Our Best Schools Don't Teach the New Survival Skills Our Children Need-and What We Can Do About It. New York: Basic Books
Verna Hildebrand. (1985). Guiding Your Children. Macmillan: Collier Macmillan Publishers.
Yustinus Semiun, OFM., (2006). Kesehatan Mental: Pandangan Umum Mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yang Terkait. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)
p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id
JPSD journal indexed at:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.