PENGUATAN LITERASI INFORMASI BERBASIS PERPUSTAKAAN BAGI PENINGKATAN MUTU AKADEMIK MAHASISWA PGMI IAIN CIREBON

Atikah Syamsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Program Penguatan Literasi Informasi Bagi mahasiswa PGMI IAIN Cirebon. 2) Implementasi Program Penguatan Literasi Informasi Berbasis Perpustakaan Bagi mahasiswa PGMI IAIN Cirebon. 3) Efektifitas Penguatan Literasi Informasi Berbasis Perpustakaan terhadap Peningkatan Mutu Akademik mahasiswa PGMI IAIN Cirebon.

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan siklus: perencanaan, penerapan, observasi dan refleksi. Penelitia mengambil lokasi di S1 PGMI IAIN SNJ Cirebon dengan menggunakan metode sampel bertujuan. Pengambilan data menggunakan metode obserfasi, wawancara, kuesionair dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan kombinasi antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)Unsur yang harus diperhatikan dalam melaksanakan program literasi informasi, yakni target atau sasaran, kebutuhan mahasiswa, metode yang akan digunakan, materi yang akan disampaikan, sumber daya manusia serta fasilitas teknologi yang mendukung. 2) Implementasi program penguatan literasi informasi berbasis perpustakaan ini terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. 3) Terdapat peningkatan yang efektif terhadap nilai akademis mahasiswa PGMI setelah mereka diberikan tindakan program penguatan literasi informasi berbasis perpustakaan


Keywords


informasi literasi, kualitas akademik

Full Text:

PDF

References


Artana, I Ketut. 2003. “Perpustakaan, Masyarakat Dan Teknologi Informasi”. Dalam Jurnal Visi Pustaka Vol.5, No.2, Desember 2003 http://www.pnri.go.id/Lists/List%20Majalah%20Online/DispForm.aspx?ID=57 , diakses tanggal 10 Agustus 2015

Carr, Nicholas. 2011. The Shallows; Internet Mendangkalkan cara Berpikir Kita?. Bandung : Mizan

Farmer,Lesley S.J. and Henri, James. 2008. Information Literacy Assessment in K-12 Setting. Maryland: Scarecrow Press.

Godwin, Peter dan Jo Parker (Eds.). 2008. Information literacy meets Library 2.0. London : Facet Publishing.

http://www.bps. go.id/aboutus.php?booklet , diakses tanggal 30 Juli 2015

Indraijaya, Adam I. 1989. Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Bandung : Sinar Baru.

Mikkelsen, B. 2001. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-upaya Pemberdayaan ; Sebuah Buku Pegangan Bagi Praktisi Lapangan, Terj : Matheos Nalle, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosda Karya

Subagyo, P. Joko. 1991. Metodologi Penelitian dan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats