PENGUATAN LITERASI INFORMASI BERBASIS PERPUSTAKAAN BAGI PENINGKATAN MUTU AKADEMIK MAHASISWA PGMI IAIN CIREBON

Atikah Syamsi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Program Penguatan Literasi Informasi Bagi mahasiswa PGMI IAIN Cirebon. 2) Implementasi Program Penguatan Literasi Informasi Berbasis Perpustakaan Bagi mahasiswa PGMI IAIN Cirebon. 3) Efektifitas Penguatan Literasi Informasi Berbasis Perpustakaan terhadap Peningkatan Mutu Akademik mahasiswa PGMI IAIN Cirebon.

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan siklus: perencanaan, penerapan, observasi dan refleksi. Penelitia mengambil lokasi di S1 PGMI IAIN SNJ Cirebon dengan menggunakan metode sampel bertujuan. Pengambilan data menggunakan metode obserfasi, wawancara, kuesionair dan tes. Analisis data yang digunakan merupakan kombinasi antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1)Unsur yang harus diperhatikan dalam melaksanakan program literasi informasi, yakni target atau sasaran, kebutuhan mahasiswa, metode yang akan digunakan, materi yang akan disampaikan, sumber daya manusia serta fasilitas teknologi yang mendukung. 2) Implementasi program penguatan literasi informasi berbasis perpustakaan ini terintegrasi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. 3) Terdapat peningkatan yang efektif terhadap nilai akademis mahasiswa PGMI setelah mereka diberikan  tindakan program penguatan literasi informasi berbasis perpustakaan


Keywords


informasi literasi, kualitas akademik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JPSD terindex di :

       


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats