PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU

Authors

  • Aninditya Sri Nugraheni Program StudiPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FITK UINSunanKalijaga Yogyakarta
  • Siti Khanifah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FITK UINSunanKalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5484

Keywords:

kepala madrasah, motivator, profesionalisme guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan studi kasus di MI Darul Huda Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Darul Huda, yaitu melalui pengaturan lingkungan fisik madrasah, pengaturan suasana kerja, pembinaan disiplin guru, pemberian dorongan kepada guru dan pemberian penghargaan terhadap guru yang berprestasi. (2) profesionalisme guru di MI Darul Huda mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terbukti dengan semakin tertibnya administrasi pembelajaran, penggunaan strategi dan media pembelajaran, serta peningkatan kedisiplinan.

References

Jimmy Ayal. Kemendikbud Akui Kualitas Guru Masih Rendah. Diunduh di http://www.antaranews.com/berita/397722/kemdikbud-akui-kualitas-guru-masih-rendah pada tanggal 19 maret 2016 pukul 21.45 WIB.

Janawi. 2011. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, Enco. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Agama Rupublik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010, Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah/Madrasah, Pasal 16 ayat 1.

Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, (Tri Wibowo B.S. Terjemahan). Jakarta :Kencana.

Shulhan, Muwahid. 2013. Model KepemimpinanKepala Madrasah dalamMeningkatkanKinerja Guru. Yogyakarta: Teras.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Usman, Husaini. 2008. ManajemenTeori, Praktik, danRisetPendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Widoyoko, Eko Putro . 2012. Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2016-11-23

Issue

Section

Articles