PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v3i1.a5484Keywords:
kepala madrasah, motivator, profesionalisme guru.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif jenis deskriptif. Penelitian ini menggunakan studi kasus di MI Darul Huda Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Darul Huda, yaitu melalui pengaturan lingkungan fisik madrasah, pengaturan suasana kerja, pembinaan disiplin guru, pemberian dorongan kepada guru dan pemberian penghargaan terhadap guru yang berprestasi. (2) profesionalisme guru di MI Darul Huda mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terbukti dengan semakin tertibnya administrasi pembelajaran, penggunaan strategi dan media pembelajaran, serta peningkatan kedisiplinan.
References
Jimmy Ayal. Kemendikbud Akui Kualitas Guru Masih Rendah. Diunduh di http://www.antaranews.com/berita/397722/kemdikbud-akui-kualitas-guru-masih-rendah pada tanggal 19 maret 2016 pukul 21.45 WIB.
Janawi. 2011. Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, Enco. 2011. Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Agama Rupublik Indonesia Nomor 16 Tahun 2010, Tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah/Madrasah, Pasal 16 ayat 1.
Santrock, John W. 2007. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua, (Tri Wibowo B.S. Terjemahan). Jakarta :Kencana.
Shulhan, Muwahid. 2013. Model KepemimpinanKepala Madrasah dalamMeningkatkanKinerja Guru. Yogyakarta: Teras.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Usman, Husaini. 2008. ManajemenTeori, Praktik, danRisetPendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Widoyoko, Eko Putro . 2012. Teknik Penyusunan Instrument Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License