KERJA SAMA ANTARKELOMPOK DAN KETERBUKAAN BERPIKIR ILMIAH MATA KULIAH SAINS LANJUT BERPRAKTIKUM MAHASISWA PGSD

Panji Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama antarkelompok dan membangun keterbukaan berpikir ilmiah pada mata kuliah sains lanjut saat melakukan kegiatan praktikum. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium FMIPA kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel penelitian mahasiswa PGSD semester 3 kelas D, E, F, dan G yang berjumlah 171 Mahasiswa. Siklus penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dengan dua kali praktikum. Analisis data yang digunakan dengan menghitung rerata angket kerjasama antarkelompok dan angket keterbukaan berpikir ilmiah yang kemudian dicari selisih rata-rata dari kedua siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kerjasama antarkelompok dan keterbukaan berpikir ilmiah. Peningkatan kerjasama antarkelompok ditunjukkan dengan kenaikan skor rata-rata 74,31 siklus I menjadi 78,46 pada siklus II. Sedangkan peningkatan keterbukaan berpikir ilmiah ditunjukkan dengan kenaikan skor rata-rata 82,98 siklus I menjadi 87,12 siklus II.

Keywords


kerja sama antar kelompok, keterbukaan berpikir ilmiah

Full Text:

PDF

References


Bahrul Hayat dan Suhendra Yusuf. 2010. Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Ibnu Hajar. 2013. Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Yogyakarta: Diva Press

I Wayan Suwatra. 2014. Sosiologi pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Jamal Ma’mur Asmani. 2011. Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Diva press

Ki Hajar Dewantara. 1997. Karya Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: majelis luhur Persatuan Taman Siswa

Maskoeri Jasin. 2002. Ilmu Alamiah Dasar untuk Perguruan Tinggi dan Umum. (Jakarta: Raja Grafindo Persada

Philip G. Altbach. 2013. The Road to Academic Excellence The Making of World-Class Research Universities. Jakarta: Salemba Humanika.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Press.

Wiendu Nuryanti. 2013. Strategi Kebudayaan. Malang: UB Press

Wina Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Yogyakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats