PENINGKATAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN MODEL PAKEM SISWA SEKOLAH DASAR

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Partisipasi dan Prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui Model PAKEM pada siswa kelas V SD Negeri Turi 1 Sleman Semester 1 Tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri Turi 1 Sleman. Penelitian dengan menggunakan Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research), dengan tiga siklus. Tehnik Pengumpulan Data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, angket dan tes hasil belajar PKn. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman hasil belajar PKn. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, dengan prosentasi. Model Pembelajaran aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAKEM) dikatakan mampu meningkatkan Partisipasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), apabila partisipasi telah mencapai > 80 %, dan dapat meningkatkan prestasi dengan nilai rata-rata 71,00 atau Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil Penelitian dalam tiga siklus menunjukkan bahwa partisipasi belajar dan prestasi belajar PKn dapat ditingkatkan melalui Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), pada Siswa Kelas V SD Negeri Turi 1, Sleman, Semester 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Bukti peningkatan ditunjukkan dengan meningkatnya tingkat partisipasi belajar. Prestasi belajar pra siklus = 47%, siklus I = 63%, siklus II = 76% dan siklus III = 89%. Prestasi belajar PKn pra siklus = 64,86; siklus I = 66,97, siklus II = 66,84 dan siklus III = 82,10.


Keywords


Model Pembelajaran Pakem, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


BNSP. (2006). Standar Isi. Jakarta. Depdiknas Dirjen Mendikdasmen.

Darmiyati, Zuchdi. (2011). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press.

Dimyati dan Modjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gunarso, Singgih D. (1980). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Haryanto. (2007). Model Pembelajaran PAKEM Sekolah Dasar. Yogyakarta: Departemen Nasional Universitas Negeri Yogyakarta.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antara Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kasbolah. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasih Ahmad Mujin dan Kholidah Lilij Nur. (2009). Metode dan Tehnik Pembelajaran. Bandung: Reflika Aditama.

Sardiman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Melajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sunarso. (2009). Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 5 Sekolah Dasar. Bogor:Yudhistira.

Suharsini Arikunto. (2004). Prosedur Penelitian. Jakarta:Rineka Cipta.

Thursan Hakim. (2001). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v2i2.a4949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats