MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR

Authors

  • Visna Leviana Revika Adhani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Triana Lestari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20805

Keywords:

Cerita bergambar, Kemampuan bahasa, Media,

Abstract

Kemampuan bahasa yang baik pada anak memudahkan ia dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang upaya meningkatkan kemampuan bahasa pada anak melalui media cerita bergambar. Dalam penulisan artikel ini jenis metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data-data diamil berdasarkan hasil pengkajian pada buku, situs internet dan jurnal yang berkaitan dengan permasalahan yang diambil. Pengembangan dan peningkatan dalam bahasa pada anak harus selalu diperhatikan oleh para pendidik karena kemampuan berbahasa pada anak mementukan bagaimana cara dia bisa berinteraksi dan memahami lingkungan sekitarnya. Media cerita bergambar menjadi salah satu cara dalam penyampaian materi pembelajaran dalam bentuk cerita dari pendidik kepada para peserta didik. Media cerita bergambar berfungsi untuk membantu tahap perkembangan bahasa dan berpikir anak serta dapat memotivasi anak untuk terbiasa dalam menumbuhkan minat membacanya. Peran media cerita bergambar selain melatih kemampuan berbahsa anak, juga sebagai media dalam mengasah imajinasi anak, meningkatkan aspek sosial dan moral, serta melatih konsentrasi pada anak.

References

Abdul. 2002. Psikolinguistik: Kajian teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Afnida, Mutia. Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK A. E- Journal PG PAUD Universitas Syiah Kuala (Volume 01, No 01, Tahun 2016)

Burhan. 2013. Sastra Anak Pegantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hal 153

Daroah. 2013. Meningkatkan Kemampuan Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual di Kelompok B1. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia. Hal. 102

Hurlock. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Kurnia, Rita. 2009. Metodologi Pengembangan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani. Hal. 222

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Nurbiana. 2005. Metode Pengembangan` Bahasa. Jakarta; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Riksa, Yusi. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Dirjen Pendis Depag RI. Hal. 148

Suhartono, Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hal.9

Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media grup. Hal. 74

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogakarta: PEDAGOGIA. Hal. 97.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing. Hal.6

Wilkinson, L. Gene. 1984. Media Dalam Pembelajaran, Penelitian selama 60 tahun. Jakarta: Rajawali. Hal 23-24

Downloads

Published

2021-06-06

Issue

Section

Articles