MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR

Visna Leviana Revika Adhani, Triana Lestari

Abstract


Kemampuan bahasa yang baik pada anak memudahkan ia dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang upaya meningkatkan kemampuan bahasa pada anak melalui media cerita bergambar. Dalam penulisan artikel ini jenis metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data-data diamil berdasarkan hasil pengkajian pada buku, situs internet dan jurnal yang berkaitan dengan permasalahan yang diambil. Pengembangan dan peningkatan dalam bahasa pada anak harus selalu diperhatikan oleh para pendidik karena kemampuan berbahasa pada anak mementukan bagaimana cara dia bisa berinteraksi dan memahami lingkungan sekitarnya. Media cerita bergambar menjadi salah satu cara dalam penyampaian materi pembelajaran dalam bentuk cerita dari pendidik kepada para peserta didik. Media cerita bergambar berfungsi untuk membantu tahap perkembangan bahasa dan berpikir anak serta dapat memotivasi anak untuk terbiasa dalam menumbuhkan minat membacanya. Peran media cerita bergambar selain melatih kemampuan berbahsa anak, juga sebagai media dalam mengasah imajinasi anak, meningkatkan aspek sosial dan moral, serta melatih konsentrasi pada anak.

Keywords


Cerita bergambar; Kemampuan bahasa; Media;

Full Text:

PDF

References


Abdul. 2002. Psikolinguistik: Kajian teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Afnida, Mutia. Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK A. E- Journal PG PAUD Universitas Syiah Kuala (Volume 01, No 01, Tahun 2016)

Burhan. 2013. Sastra Anak Pegantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hal 153

Daroah. 2013. Meningkatkan Kemampuan Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual di Kelompok B1. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia. Hal. 102

Hurlock. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Kurnia, Rita. 2009. Metodologi Pengembangan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani. Hal. 222

Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Nurbiana. 2005. Metode Pengembangan` Bahasa. Jakarta; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Riksa, Yusi. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Dirjen Pendis Depag RI. Hal. 148

Suhartono, Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hal.9

Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media grup. Hal. 74

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogakarta: PEDAGOGIA. Hal. 97.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing. Hal.6

Wilkinson, L. Gene. 1984. Media Dalam Pembelajaran, Penelitian selama 60 tahun. Jakarta: Rajawali. Hal 23-24




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Visna Leviana Revika Adhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats