MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI MEDIA CERITA BERGAMBAR
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v8i1.a20805Keywords:
Cerita bergambar, Kemampuan bahasa, Media,Abstract
Kemampuan bahasa yang baik pada anak memudahkan ia dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang-orang disekitarnya. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang upaya meningkatkan kemampuan bahasa pada anak melalui media cerita bergambar. Dalam penulisan artikel ini jenis metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data-data diamil berdasarkan hasil pengkajian pada buku, situs internet dan jurnal yang berkaitan dengan permasalahan yang diambil. Pengembangan dan peningkatan dalam bahasa pada anak harus selalu diperhatikan oleh para pendidik karena kemampuan berbahasa pada anak mementukan bagaimana cara dia bisa berinteraksi dan memahami lingkungan sekitarnya. Media cerita bergambar menjadi salah satu cara dalam penyampaian materi pembelajaran dalam bentuk cerita dari pendidik kepada para peserta didik. Media cerita bergambar berfungsi untuk membantu tahap perkembangan bahasa dan berpikir anak serta dapat memotivasi anak untuk terbiasa dalam menumbuhkan minat membacanya. Peran media cerita bergambar selain melatih kemampuan berbahsa anak, juga sebagai media dalam mengasah imajinasi anak, meningkatkan aspek sosial dan moral, serta melatih konsentrasi pada anak.References
Abdul. 2002. Psikolinguistik: Kajian teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Afnida, Mutia. Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak Pada TK A. E- Journal PG PAUD Universitas Syiah Kuala (Volume 01, No 01, Tahun 2016)
Burhan. 2013. Sastra Anak Pegantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hal 153
Daroah. 2013. Meningkatkan Kemampuan Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual di Kelompok B1. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia. Hal. 102
Hurlock. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Kurnia, Rita. 2009. Metodologi Pengembangan Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendikia Insani. Hal. 222
Moeslichatoen R. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Nurbiana. 2005. Metode Pengembangan` Bahasa. Jakarta; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
Riksa, Yusi. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Dirjen Pendis Depag RI. Hal. 148
Suhartono, Suparlan. 2009. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Hal.9
Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media grup. Hal. 74
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogakarta: PEDAGOGIA. Hal. 97.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing. Hal.6
Wilkinson, L. Gene. 1984. Media Dalam Pembelajaran, Penelitian selama 60 tahun. Jakarta: Rajawali. Hal 23-24
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License