PENINGKATAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DI KELAS V MIM PANDANSARI

Tri Yuliansyah Bintaro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui model pembelajaran inquiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, satu pertemuan terdiri dari 2x35 menit. Subyek penelitian adalah siswa kelas V MIM Pandansari sebanyak 22 dari 13 laki-laki dan 9 perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa sikap berfikir kritis siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 73,97 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata 79,42 dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan sikap berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V MIM Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas.

Keywords


Critical thinking; Inquiry; Sains

Full Text:

PDF

References


Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kuswana, WS. (2013). Taksonomi Berfikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rohani, A. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT fajar inter Pratama Mandiri.

Syah, M. (2008). Pesikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tilaar, dkk. (2011). Pedagogig Krisis Perkembangan, Substansi, Dan Perkembangannya Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v6i1.a14275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats