PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

Feni Fitriani, Lia Mareza, Agung Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Group Investigation. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan masing-masing pertemuan satu rencana pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Sidabowa yang berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Hasil peningkatan yang terjadi dapat dilihat pada setiap siklusnya. Pada siklus I hasil lembar observasi motivasi belajar siswa memperoleh nilai presentase sebesar 55% dengan kriteria cukup dan siklus II memperoleh nilai presentase sebesar 80,5% dengan kriteria baik. Hasil peningkatan motivasi belajar siswa juga didukung dengan peningkatan hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 2,83 dengan kriteria baik dan siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,46 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Group Investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tema 8 daerah tempat tinggalku pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Sidabowa Kecamatan Patikraja, Kabupaten Banyumas.


Keywords


Model Pembelajaran, Group Investigation, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Achmad, Sari dkk. 2018. Application of Group Investigation (GI) Learning Model in Pendidikan IPS SD Course, To Improve Students Critical Thinking Skills At Pgsd Universitas Negeri Makassar. Jounal of Research & Method in Education (IOSR-JRME). Vol. 8, No. 2 Hal :41-46

Arikunto. S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Harahap, S.S. 2017. Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Vol.1 No. 1 Hal :268-272

Indartik. 2018. Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Pada Siswa Kelas VI Semester I SDN 01 Nambangan Lor Kota Madiun. Jurnal Edukasi Gemilang. Vol.3 No.3 Hal : 1-7

Putu. Ketut., dan Dewa. Studi Komparatif Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Dan Snowball Throwing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas X SMA Laboratorium Undiksha. Karmapati Vol. 5 No.2 Hal : 1-10

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : AR- Ruzz Media

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar dan Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sudjiono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Wijaya, Aji. 2018. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Widyagogik. Vol. 5. No.2 Hal : 1-11




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v6i2.a13508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats