MIND MAPPING MODEL: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Komarudin Komarudin UIN Raden Intan Lampung
  • Desi Cahya Nurul Putri STKIP Al Islam Tunas Bangsa Bandar Lampung
  • Suherman Suherman UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v6i1.a13435

Keywords:

Mind mapping, Hasil Belajar, Tematik, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini termasuk dalam penenlitian eksperimen, yang mengambil dua kelompok sebagai sampel penelitian. Satu kelompok sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran mind mapping dan satu kelompok sebagai kelas kontrol yang tidak diberi model pembelajaran mind mapping. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen posttest. Posttest tersebut digunakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah diberi perlakuan dalam pembelajaran tematik tema 9 sub tema 1 tentang kekayaan sumber energi di indonesia) Kelas IV SD Negeri 2 kampung baru tahun pelajaran 2018. Analisis data dilakukan dengan menggunakan menggunakan uji t-test. Dari data hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada tema 9 sub-tema 1 kelas IV SD Negeri 2 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2018. Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa penerapan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada kelas IV A berpengaruh positif terhadap hasil belajar tematik dibandingkan dengan model kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran mind mapping pada kelas IV B SDN 2 Kampung Baru Tahun Pelajaran 2018.

References

Ahmad, Laode Ismail. 2017. Konsep Penilaian Kinerja Guru dan Faktor yang Mempengaruhinya. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1 (1).

Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.

Amanda, Mentari Ocvilia, Rudi Salam, dan Said Saggaf. 2017. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Dalam Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial, 2:14954.

Arini, Ni Wayan. 2012. “Implementasi Metode Peta Pikiran Berbantuan Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 45 (1).

Barus, Safrizal, Vera Meikana Sitorus, Darmawan Napitupulu, Mesran Mesran, dan Supiyandi Supiyandi. 2018. Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS). JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA 2 (2).

Darusman, Rijal. 2014. Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP. Infinity Journal 3 (2): 16473.

Dewi, Ni Luh Lina Agustini, Ida Bagus Putrayasa, dan I. Gede Nurjaya. 2014. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Relevansinya terhadap Pengajaran Pendidikan Karakter Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 2 (1).

Dewi, Tiara Anggia. 2015. Pengaruh profesionalisme guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi SMA se-Kota Malang. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Metro.

Faelasofi, Rahma, Yunni Arnidha, dan Ana Istiani. 2015. Metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dalam pemecahan masalah matematika. JURNAL e-DuMath 1 (2).

Fatmasari, Yesi Murti. 2016. Peningkatan Kreativitas Belajar IPS Melalui Metode Mind Map Siswa Kelas V SD Negeri Jeruksari. BASIC EDUCATION 5 (34): 3-270-3.280.

Firdaus, Winci. 2010. Uji Coba Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Sekilas (Skimming). Dalam Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education.

Harini, Luh Putu Ida, I. Gede Santi Astawa, dan IGAM Srinadi. 2014. Eksplorasi miskonsepsi mahasiswa dalam pengembangan buku teks analisis real bermuatan peta pikiran. Dalam Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 94149.

Ikhwanuddin, Muhammad Arif. 2013. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Indonesia, Undang-Undang Republik. 2003. Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Iskandar, Uray. 2013. Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 10 (1).

Larasati, Indah. 2015. Penerapan Problem Based Learning dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Jakenan. Universitas negeri semarang.

Lubis, Mina Syanti, R. Syahrul, dan Novia Juita. 2014. “Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran Pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas XI SMA/MA. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran 2 (1).

Melina, Angra. 2018. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Junjung Sirih Kabupaten Solok Melalui Penggunaan Media Mind Map. ISTORIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari 2 (1): 12836.

Muradi, Ahmad. 2016. Pengembangan Kompetensi Guru Bahasa Arab Melalui IMLA sebagai Organisasi Profesi. Arabi: Journal of Arabic Studies 1 (2): 110.

Nasional, Departemen Pendidikan. 2003. Sistem pendidikan nasional. Jakarta (ID): Depdiknas.

Nugroho, Ridwan Nur Cahyo. 2011. Penggunaan Metode Pembelajaran Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas x di SMA MTA Surakarta Tahun ajaran 2010/2011. Universitas Sebelas Maret.

Nurroeni, Chusnul. 2013. Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education 2 (1).

Olivia, Femi. 2008. Gembira Belajar dg Mind Mapping+ CD. Elex Media Komputindo.

Priantini, Dewa Ayu Made Manu Okta. 2016. Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar IPS. Widya Accarya 6 (2).

Rati, Ni Wayan. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Bermuatan Peta Pikiran dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 46 (1).

Retnowati, Tri. 2018. Penerapan Model pembelajaran Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Tentang Sistem Regulasi Di Kelas XI IPA C SMA Negeri 5 Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan 3 (1): 119.

Ristiasari, Tia, Bambang Priyono, dan Sri Sukaesih. 2012. Model pembelajaran problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education 1 (3).

Sari, Tri Suci Mayang. 2014. Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Pelajaran Matematika. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED 1 (1).

Satini, M. Pd. 2016. Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Dengan Menggunakan Teknik Mind Map Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Padang. Jurnal Gramatika 2 (2).

Silaban, Ramlan, dan Masita Anggraini Napitupulu. 2012. Pengaruh media mind mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar kimia siswa SMA pada pembelajaran menggunakan advance organizer.

Simanjuntak, Soni Lamhot. 2014. Hubungan Kompetensi Guru Biologi Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2013/2014. UNIMED.

Sudarsana, I. Ketut. 2016. Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu 1 (1): 114.

Tarigan, Rupina Magdalena Br. 2016. Pengaruh Teknik Mencatat Mind Mapping Dan Gaya Belajar Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 060937 Medan Johor. UNIMED.

Triayudi, Agung, dan A. Z. Nazori. 2012. Analisa Sistem Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Fuzzy Inference System Mamdani: Studi Kasus UPT Dinas Pendidikan Kec. Penengahan Lampung Selatan.Jurnal TICom 1 (1).

Widianti, Sri. 2014. Keefektifan Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPS. Journal of Elementary Education 3 (2): 64-70.

Yuniarti, Netti, St Y. Slamet, dan Budhi Setiawan. 2013. “Peningkatan kualitas pembelajaran dan kemampuan menulis cerita pendek dengan menggunakan metode peta pikiran (mind mapping) pada siswa kelas IX A SMP Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 1 (1): 12539.

Downloads

Published

2019-10-04

Issue

Section

Articles