PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN PARIWISATA LOKAL BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR YOGYAKARTA

Lovandri Dwanda Putra

Abstract


Dalam pendidikan, Pengenalan wisata sejak dini sangat penting untuk pengembangan pengetahuan anak-anak dalam mengenal tempat-tempat wisata lokal. Harapannya dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar memiliki wawasan yang mantap tentang potensi daerahnya, khususnya potensi wisata.
Dengan menggunakan teknologi multimedia interaktif peneliti pengembangkan multimedia pembelajaran untuk mengenal pariwisata lokal kota Yogyakarta bagi siswa SD. Sehingga dapat memberi informasi untuk tempat-tempat yang ada dikota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, multimedia interaktif mengenal pariwisata lokal kota Yogyakarta ini melalui beberapa tahapan, diantaranya analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain aplikasi, pengembangan aplikasi, dan pengujian aplikasi. Serta meminta pendapat terhadap masyarakat tentang aplikasi ini.
Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan para ahli pada evaluasi yang telah dilakukan dari keempat aspek yang dinilai, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran pengenalan pariwisata lokal daerah Yogyakarta yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sangat baik sehingga multimedia yang dikembangkan ini layak untuk digunakan sebagai multimedia pembelajaran dan sumber belajar.

Keywords


Multimedia; Interaktif; Pariwisata; Siswa SD; kota Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Alessi, S.M. & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning: methods and development. 3nd ed. Needham Heights, USA: Pearson

Budiningsih, A. (2012). Belajar dan pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.

Borg, Walter & Gall, Meredith Damien. (1989). Educational research. New York & London : Longman.

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Newby, T.J., et al. (2000). Instructional technology for teaching and learning: designing instruction, integrating computers, and using media (2nd ed.). New Jersey, USA: Prentice-Hall, Inc.

Surjono, Herman Dwi. 1995. Pengembangan Computer Asissted Instruction (CAI) untuk Pelajaran Elektronika. Jurnal Kependidikan, (online) No. 2 (XXV): 95-106.(http://herman.elearning-jogja.org/PengembanganProgramCAI.pdf

William W.L & Diana L.O. (2004). Multimedia based instructional design. San Fransisco: Preiffer.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v5i2.a12583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats