IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PELAJARAN PPKn BERBASIS RELIGIOUS CULTURE DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA

Suyitno Suyitno

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn berbasis religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data.
Hasil penelitian menggambarkan implementasi nilai-nilai karakter yang terintegrasi pada mata pelajaran PPKn berbasis religious culture dilakukan dengan melalui berbagai kegiatan atau aktivitas keseharian berdasarkan ajaran-ajaran islam yang menjadi program sekolah. Seluruh wujud religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta merupakan implementasi 18 nilai-nilai karakter yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Nasional. Implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture di SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta dilakukan melalui keteladanan dan penciptaan suasana religius. Keteladanan merupakan faktor yang penting karena sikap dan perilaku kepala sekolah, guru dan karyawan dijadikan sebagai panutan oleh siswa sedangkan penciptaan suasana sekolah yang kondusif merupakan faktor pendukung dalam proses implementasi nilai-nilai karakter. Keteladanan guru dan penciptaan suasana yang kondusif turut mendukung proses implementasi nilai-nilai karakter berbasis religious culture.

Keywords


Nilai-nilai Karakter; mata Pelajaran PPKn; budaya agama

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama di Sekolah. Yogyakarta: Kalimedia.

Gunawan, Heri. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Peneliti dan Pengembangan, Pusat dan Perbukuan.]

Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam Books.

Ruminiati. 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sahlan, Asmaun. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Mengembangkan PAI dari Teori ke Aksi. Malang: UIN Maliki Press.

Sulistyorini. 2009. Manajemen Pendidikan Islam : Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras.

UUD 1945 dan Amandemennya. 2009. Bandung : Fokus Media.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v5i2.a12580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar)

p-ISSN: 2614-0136, e-ISSN: 2614-0136

Published by Universitas Ahmad Dahlan

Universitas Ahmad Dahlan Kampus 5
Jalan Ki Ageng Pemanahan No. 19
Yogyakarta
Telp .: (+62274) 563515, 511829 Ext. 5111
Faks .: (+62274) 564604
email 1: jpsd@pgsd.uad.ac.id
email 2: sularso@pgsd.uad.ac.id

JPSD journal indexed at:



 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPSD Journal Stats