PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TAHFIDZ Al QURAN SISWA SDIT AL BINA PANGKALPINANG

Yuanita Yuanita, Romadon Romadon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pendidikan karakter melalui program tahfidz Al Qur`an SDIT Al Bina, untuk mengidentifikasi nilai-nilai karakter siswa SDIT Albina Pangkalpinang melalui program tahfidz Al Quran, dan untuk mengetahui evaluasi pendidikan karakter melalui program tahfidz Al Quran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif kualitatif dengan teknik analisis triagulasi data. Untuk mendapatkan informasi peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subjek guru dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil didapatkan: Langkah-langkah pendidikan karakter melalui pembelajaran tahfidz Al Quran di SDIT Al Bina; 1) Menyiapkan tenaga pengajar, 2) pemetaan tingkatan pada siswa, 3) Pengelompokkan, 4) Pembuatan jadwal, 5) pelaksanaan. Implementasi Nilai-nilai karakter yang diterapkan melalui pembelajaran Tahfidz Al Qur an di SDIT Al Bina ada 18 karakter, akan tetapi ada 7 nilai karakter yang dominan muncul diantaranya: 1) Religus, 2) jujur, 3) kerjakeras, 4) gemar membaca, 5) kreatif, 6) bertanggung jawab, dan 7) disiplin. Evaluasi pembelajaran karakter melalui pendidikan tahfidz Al Quran di SDIT Al Bina sudah berjalan dengan baik dimana siswa akan dievaluasi harian dan akhir semester oleh penguji dan dikontrol melalui buku prestasi.

Keywords


Pendidikan Karakter; Pembelajaran Tahfidz Siswa; Tahfidz Al Qur’an

Full Text:

PDF

References


Hakim, Rosniati. 2014. Pendidikan Karakter peserta didik melalui Pendidikan Berbasis Al Quran. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IV, Nomor 2 halaman 123

Kemendiknas. 2011. Panduan pelaksanaan pendidikan Karater. Jakarta: Kemendiknas

Kharis, Khozin. 2017. Konsribusi Program Tahfidzul Al Qur`an Jurusan Agama dalam mengembangkan Manajemen Pendidikan Berbasis Pesantren Ma Al-Amiriyyah blokagung Tegalsari Banyuwangi. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol.VII, No 2: 150-165. April 2017. ISSN: 1978-4767 (cetak): 2549-4171 (Online)

Muhtar, Ahmad & Anam, Nurul. 2003. Manifesto Pendidikan Islam dan

Pesantren. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v5i2.12577

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal JPSD terindex di :




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


View My Stats