Pembuatan Aplikasi Android Driver Control sebagai Sarana Memonitor Anak Berkendara secara Waktu-Nyata

Lia Lidya Roza, R. Rizal Isnanto, Eko Didik Widianto

Abstract


 Zaman sekarang motor merupakan salah satu kebutuhan primer di Indonesia, hampir setiap keluarga setidaknya memiliki minimal 1 kendaraan bermotor, tak terkecuali anak-anak yang juga sudah diizinkan orang tua untuk mengendarai sepeda motor agar lebih mandiri. Namun tanpa disadari bahaya kecelakaan dan kejahatan seperti pencurian sepeda motor terus mengintai sang anak. Untuk itu diperlukan sebuah aplikasi yang dapat memonitor anak berkendara secara waktu-nyata sebagai upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan pencurian sepeda motor. Metodologi penelitian pada aplikasi ini dibuat menggunakan model waterfall. Pembuatan aplikasi ini menggunakan perangkat lunak Android Studio dengan bahasa pemrograman Java, basisdata MySQL, dan berbasis Web Service. Hasil penelitian ini adalah aplikasi Android Driver Control yang mampu memberikan informasi lokasi kendaraan, kecepatan, notifikasi motor jatuh, dan rekaman data pengemudi. Pengguna dapat mematikan atau menghidupkan mesin motor secara otomatis melalui aplikasi ini. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas login untuk admin yang digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan alat Driver Control. Aplikasi ini dapat digunakan lebih dari satu pengguna untuk memantau satu sepeda motor yang sudah terpasang alat Driver Control


Full Text:

PDF

References


World Health Organization, Global status report on road safety 2015. Italy. 2015: vii-x.

Azmi, N.A., 2014, Modus Operandi Kejahatan Pencurian Kendaraan Bermotor Roda Dua. Skripsi S-1, Universitas Brawijaya, Malang.

Hanifah, Raidah., 2010, Simulasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Pemantauan Posisi Kendaraan Via SMS Gateway, Skripsi S-1, Teknik Elektro, Universitas Diponegoro, Semarang.

N Baatar, S Kim. A Thermoelectric Generator Replacing Radiator for Internal Combustion Engine Vehicles. TELKOMNIKA (Telecommunication, Computing, Electronics and Control). 2011; 9 (3): 523-530

Rusnandar, dkk., 2013, Sistem Pelacak Kendaraan Berbasis Open GTS, Jurnal Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.