Sistem Pengaman Sepeda Motor Menggunakan SMS Gateway Berbasis Mikrokontroler ATmega32

Wahyu Ibrahim, Wahyu Sapto Aji

Abstract


Tujuan pembuatan proyek akhir ini adalah mampu mendapatkan suatu sistem pengaman sepeda motor yang mudah digunakan dan dapat dihandalkan. Rancangan alat ini terdiri dari sebuah mikrokontroler ATmega32 sebagai pengolah data, antarmuka modem wavecom M1306B dengan mikrokontroler, Driver Relay dan Modul Power Suplay. Prinsip kerja pengaman ini yaitu ketika ada seseorang menghidupkan mesin sepeda motor tanpa men-switch off tombol rahasia terlebih dahulu maka alat ini akan memberikan tanda peringatan kepada pemilik sepeda motor melalui SMS bahwa sepeda motor dalam keadaan bahaya berupa tulisan karakter “Keadaan Motor Bahaya”. Setelah alat ini mengirimkan SMS kepada pemilik motor, alat ini kemudian akan mematikan mesin motor, membunyikan klakson dan menyalakan lampu riting secara otomatis berdasarkan pewaktu yang sudah ditentukan. Hasil dari proyek akhir ini menunjukkan sistem pengaman telah bekerja sesuai yang telah diharapkan. Setelah mesin kendaraan hidup, kemudian modem wavecom akan mengirimkan SMS kepada pemilik sepeda motor. Kemudian pada detik ke-5 sistem pengaman akan memutus jalur CDI sepeda motor yang berakibat sepeda motor akan mati. Pada detik ke-6 klakson dan lampu riting sepeda motor akan aktif. Dengan demikian sistem pengaman sepeda motor ini dapat digunakan dengan aman dan mempunyai nilai lebih ketika pemilik sepeda motor berhasil menangkap si pelaku pencurian. Kata kunci : pengaman, sepeda motor, SMS, mikrokontroler

Full Text:

PDF

References


Lukman, H., 2009. Sistem Pengaman Kendaraan Bermotor Menggunakan SMS Berbasis Mikrokontroler AVR ATMega8535. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Teguh, W., 2011. Sistem Keamanan Rumah dengan Menggunakan Motion Dan SMS Gateway. Jawa Timur: Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN”.

Febryana, S., 2010. Pembuatan Pototype System Pengaman Kendaraan Bermotor Berbasis Mikrokontroller dan SMS Gateway. Jawa Timur: Prodi Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN”.

Rizki E., 2012. Media Pembelajaran Mikrokontroler AVR. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta