PERANCANGAN ULANG FASILITAS KERJA PADA STASIUN CUTTING YANG ERGONOMIS GUNA MEMPERBAIKI POSISI KERJA OPERATOR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA Studi kasus di Perusahaan Anode Crome Yogyakarta

Agung Kristanto, Riki Manopo

Abstract


Perusahaan Anode Crome merupakan perusahaan pengekroman seperti velg mobil, velg motor dan lain-lain serta memproduksi cantel alumunium. Salah satu proses produksinya yaitu pemotongan cantel alumunium dikerjakan dengan posisi duduk membungkuk dan pada saat proses pemotongan, tangkai pemotong berada sejajar dengan bahu operator. Dilihat dari segi ergonomi kondisi bekerja seperti itu tidak sesuai karena dapat mengakibatkan cepat lelah dan penegangan otot (strain). Melihat kondisi tersebut perlu dilakukan perancangan fasilitas kerja yang dapat memperbaiki posisi kerja operator, mengurangi ketidaknyamanan, serta meminimalkan waktu pemotongan sehingga produktivitas kerja dapat tercapai.

Metode yang digunakan dalam perancangan alat pemotong dan kursi kerja cantel alumunium ini yaitu dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti data antropometri, keluhan operator selama bekerja dan waktu kerja, serta melakukan Uji Independent T-Test dengan software SPSS 12 untuk mengetahui perbedaan keluhan pada para pekerja antara sebelum dan sesudah perancangan.

Hasil penelitian menunjukan waktu baku pada kondisi sebelum perancangan sebesar 11.20 detik/unit dengan output standar sebesar 322 unit/jam. Sedangkan waktu baku setelah perancangan sebesar 8.37 detik/unit dengan output standar sebesar 434 unit/jam, artinya terjadi penurunan waktu baku sebesar 2.83 detik/unit atau efisiensi waktu sebesar 25.26% dan peningkatan output standar sebesar 122 unit/jam atau produktivitas meningkat sebesar 34.78%.

Kata kunci: Ergonomis, Antropometri, Data Ketidaknyamanan, Waktu baku, Produktivitas. 


Full Text:

PDF

References


] Alexander, David C., 1999, Applied Ergonomics Case Studies, Engineering and Management Press, Norcross, Georgia.

] Grandjean, E, 1988, Fitting the Task to the Man, A Textbook of cupational Ergonomics, New York, Taylor and Francis Ltd.

] Nurmianto, Eko, 2008, Ergonomi : Konsep Dasar dan Aplikasinya, Edisi Kedua, Guna Widya, Jakarta.

] Sanders, M.S. and McCormick, E.J., 1993, Human Factors in Engineering and Design. New York: McGraw-Hill Publising Company Ltd.

]. Syahri, Alhusin, 2003, Aplikasi Statistik dengan mengunakan SPSS 10 for Windows, Graha Ilmu, Yogyakarta

] Tarwaka, Sudiajeng, dan Bakri, S, H.A., 2004, Ergonomi Untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Produktivitas, UNIBA Press, Surakarta.

Urich, Karl T, 2001, Perancangan dan Pengembangan Produk, Edisi Pertama Penerbit Salemba Teknika, Jakarta.

] Wignjosoebroto, Sritomo, 2008, Ergonomi, Studi Gerak Dan Waktu : Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Edisi Keempat, Cetakan Keempat, Guna Widya, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v4i2.a5278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats