SISTEM BERBASIS KASUS UNTUK DIAGNOSIS PENYAKIT MELALUI HASIL PEMERIKSAAN LABORATORIUM

Lusiana Indriasari Sagita, Sri Kusumadewi

Abstract


Munculnya suatu penyakit telah menjadi momok menakutkan yang selalu menghantui manusia. Karena sampai saat ini resiko adanya suatu penyakit masih menjadi penyebab utama kematian seseorang. Untuk mengetahui seseorang dalam keadaan sehat atau sakit, seorang dokter akan melakukan beberapa pendekatan diagnosis terhadap pasien yang salah satunya ialah melalui pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan Laboratorium ini, dilakukan dengan harapan bahwa resiko terhadap suatu penyakit dapat dideteksi lebih dini secara tepat dan akurat. Sistem berbasis kasus atau Case Based Reasoning (CBR) merupakan model penalaran untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep analogi. CBR akan membandingkan suatu kasus baru dengan kasus-kasus lain yag sudah tersimpan sebelumnya. Selain itu, akan dilakukan penandaan terhadap kasus- kasus klinis, serta menemukan kembali kasus-kasus yang mirip. Sistem berbasis kasus untuk diagnosis penyakit melalui pemeriksaan laboratorium merupakan sistem yang dapat menentukan suatu keputusan mengenai diagnosis penyakit melalui hasi pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan metode CBR.. Selain diagnosis penyakit, sistem akan memberikan informasi penyebab tinggi rendahnya suatu nilai pemeriksaan dan solusi terapinya. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih untuk melakukan diagnosis penyakit dan proses rekam medik pasien.

Kata kunci : laboratorium, kasus, diagnosis 


Full Text:

PDF

References


Awan. 2008. Panel Pemeriksaan Laboratorium, Mengantar Anda Meraih Kesehatan Prima (Online). Online pada http://healindonesia.wordpress.com/2008/09/16/panel-pemeriksaan- laboratorium-mengantar-anda-meraih-kesehatan-prima, diakses Januari 2009.

Kusumadewi, Sri, Ami Fauzijah, Arwan Ahmad K., dkk. 2008. Informatika Kesehatan. Yogyakarta Graha Ilmu.

Yuzirman Roni. 2008. Apa penyebab penyakit? (Online). Onlone pada http://roniyuzirman.wordpress.com/2008/08/17/apa-penyebab-penyakit/ diakses Januari 2009.

Sri. 2006. Seminar & Road Show Prodia, Bijak Mengelola Kesehatan Kesejahteraan Keluarga (Online). Online pada http://medicastore.com/index.php?mod=seminar&id=5, diakses Januari 2009.

Sutedjo AY. 2007. Mengenal Penyakit melalui Hasil Pemeriksaan Laboratorium. Yogyakarta : Amara Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v3i2.a5267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats