PENGEMBANGAN APLIKASI UNTUK PENENTUAN DIVISI KKN ALTERNATIF BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI LPM UNIVERSITAS AHMMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Tedy Setiadi, Prasetyo Prasetyo

Abstract


Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan yang memadukan unsur- unsur Tri Dharma Pendidikan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. KKN Alternatif merupakan bentuk KKN dimana waktu dan lokasi ditentukan sendiri oleh mahasiswa. Selama ini, proses yang dilakukan Lembaga Pengandian Masyarakat (LPM) UAD untuk melakukan perencanaan dan pembagian unit KKN Alternatif membutuhkan waktu yang lama. LPM menunggu data unit/lokasi KKN dari pendaftaran mahasiswa, baru dilakukan pembagian unit. Selain itu masalah yang ada juga belum tersedianya data pendukung seperti data spasial maupun atribut yang terkomputerisasi dan dapat diupdate setiap waktu, sehingga menyulitkan dalam melakukan pemetaan lokasi dan penentuan divisi.

Dalam penelitian ini telah dihasilkan perangkat lunak bantu yang mampu menentukan divisi KKN Alternatif berbasis Sistem Informasi Geografis. Aplikasi yang dibangun dapat melakukan pengelompokkan unit kedalam divisi dan mendistribusikan DPL dalam divisi tersebut, serta pencarian lokasi baru KKN Alternatif, menghasilkan laporan dan layout peta, mencetak data dan informasi yang dibutuhkan dalam bentuk tabel dan layout peta.

Kata kunci : KKN Alternatif, divisi, pendistribusian DPL. 


References


Jabrohim, 2007, Menggapai Desa Sejahtera Menuju Masyarakat Utama, Pustaka Pelajar dan Lembaga Pengabdian Masyarakat, Yogyakarta.

Prahasta, Eddy., 1999, Sistem Informasi Geografis:Konsep- Konsep Dasar, CV.Informatika, Bandung.

Prahasta, Eddy., 2002, Sistem Informasi Geografis:Tutorial ArcView, CV.Informatika, Bandung.

Prahasta, Eddy., 2004, Sistem Informasi Geografis:ArcView Lanjut Pemrograman Bahasa Script Avenue, CV.Informatika, Bandung.

Prahasta, Eddy., 2004, Sistem Informasi Geografis:Tools dan Plug- Ins, CV.Informatika, Bandung.

Pressman, Roger S., 2002, Rekayasa Perangkat Lunak, ANDI dan McGraw-Hill Book Co., Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v3i1.a5262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats