APLIKASI PENGAMANAN DOKUMEN OFFICE DENGAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI KUNCI ASIMETRIS ELGAMAL

Eko Aribowo

Abstract


Makalah ini memaparkan mengenai pengembangan aplikasi kriptografi (enkripsi dan dekripsi) yang menerapkan algoritma asimetris Elgamal. Algoritma Elgamal dipilih karena algoritma ini merupakan salah satu algoritma asimetris yang cukup baru dan yang patennya baru dibuka 1997. Hasil pengembangan aplikasi ini diharapkan dan ditujukan untuk mendasari penelitian berikutnya tentang analisis algoritma kritografi asimetris. Selain itu hasil pengembangan ini juga ditujukan untuk pengayaan praktikum dalam mata kuliah Kriptografi di program studi Teknik Informatika. Untuk itu dalam mendukung 2 tujuan tersebut maka dibuat aplikasi kritpografi yang mana objek data digital yang digunakan adalah file-file dalam format office.Sehingga dengan aplikasi tersebut berbagai tujuan lain berikutnya dapat dicapai.

Kata kunci : Aplikasi, Elgamal, Kriptografi.


Full Text:

PDF

References


Andari, Yuli, 2007, Implementasi Pengamanan Dokumen Pada Microsoft Office Dengan Algoritma Kriptografi RC4 Stream Chiper dan SHA-1, Skripsi S-1, Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Aribowo,Eko, 2002, Organisasi Berkas,Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Husni, 2004, Pemrograman Database dengan Delphi, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Khudri, Wan, 2005 , Enkripsi dan Deskripsi Data Menggunakan Algoritma ElGamal ECC, Skripsi S-1, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Madcoms, 2002, Pemrograman Borland Delphi 7, Andi Offset, Yogyakarta.

Munir, Rinaldi, 2006, Kriptografi, Informatika, Bandung.

Pressman, RS, 1992, Software Engineering A Practitioner’s Approach, The Mc Graw-Hill Companies, New york.

Raharjo, Budi, 1999, ” Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet ”, PT. Insan Komunikasi, Indonesia.