ANALISIS MUTU PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA PERGURUAN TINGGI

- Darsih

Abstract


Menilai mutu e-learning matakuliah untuk mengukur keberhasilan sistem e-learning dalam pembelajaran secara online sangat penting, dengan pembelajaran menggunakan e-learning cukup efktif dan efisien, sebagai media belajar didalam kelas. Pembelajaran e-learning dapat dinilai secara online barbasis web dengan mengisi pertanyaan berdasarkan variable aspek pengelolaan pembelajaran e-learning yang nilainya direpresentasikan dengan skala likert antara 1 sampai dengan 5, dari analisis pembalajaran e-learning matakuliah yang diuji, Setiap pembelajaran e-learning matakuliah memiliki keunggulan yang berbeda-beda pada masing-masing variable.Studi kasus yang dilakukan pada empat e-learning matakuliah dengan sample 133 orang/ responden sebagai pengguna e-learning matakuliah tersebut. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil baik untuk nilai e-learning dari setiap matakuliah yang diuji. Selain itu setiap e-learning matakuliah memiliki keunggulan yang berbeda-beda dari variabel tertentu.

Kata Kunci : E-Learning, Kuesioner, Mengukur, Skala Likert

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v9i2.a2960

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF - 169 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats