PERANCANGAN LAYANAN STREAMING MULTIMEDIA PADA M-LEARNING

Samuel Kristiyana, Gatot Santoso

Abstract


Teknologi telekomunikasi dan teknologi internet merupakan teknologiyang paling digemari di seluruh dunia. Dalam perkembangan teknologi inimemungkinkan terobosan baru dalam belajar secara mobile menggunakanperangkat IT genggam atau disebut mobile learning (m-learning). M-Learning memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah kemampuanbelajar kapan-pun di mana-pun. Mobile learning (m-learning) berbasismultimedia pada implementasinya membutuhkan bandwith yang besar untukmengakses file-file video. Untuk mengatasi hal tersebut dipilih teknologikomunikasi 3G karena memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingteknologi sebelumnya. Problem yang ada adalah perangkat pembelajaran m-learning memiliki keterbatasan sumber daya dan keragaman platformsehingga diperlukan rancangan yang mampu menjamin kompatibilitas antaraberbagai macam platform. Perancangan ini bertujuan sebagai mediapembelajaran yang tak terbataskan ruang dan waktu.

Full Text:

PDF

References


Evdemon, J., 2001, XML dan WAP, Chief Architect, XML

Solutions,http://www.eccnet.eccnet.com/pub/dc-xmlug/EvdemonWAP.pdf

(Diakses tanggal 19 Nopember 2005)

Passani, L., 2000, Creating WAP Services, Volume 25, Issue 7,

http://www.ddj.com/articles/2000/0007/0007toc.htm (Diakses tanggal

Nopember 2005)

Robo, Robby, 2003, Mobile Learning vices And Handheld Device In The

Classroom, Eduworks Corporation, Corvallis, Oregon, USA, IMS

Australia.

Rytkonen, K., 2005, Mobile Commerce and WML,

http://www.gca.org/papers/xmleurope2000/pdf/s13-01.pdf (Diakses

tanggal 19 Nopember 2005)




DOI: http://dx.doi.org/10.26555/jifo.v5i2.a2790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

____________________________________
JURNAL INFORMATIKA

ISSN : 1978-0524 (print) | 2528-6374 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View JIFO stats